Senin, 11 April 2011

Payudara Ideal dengan Nutrisi Tepat




img
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Mempertahankan payudara dengan baik dan menjaganya tetap sehat sangat penting untuk menghindari masalah-masalah umum yang mempengaruhi payudara, seperti kanker payudara. Nutrisi yang tepat penting untuk payudara yang sehat.

Merawat payudara agar tetap sehat bukanlah perkara yang rumit. Beberapa makanan yang kaya nutrisi dapat menjadi cara mudah untuk membuat payudara tetap sehat dan terhindar dari masalah kesehatan.

Berikut beberapa nutrisi tepat yang bisa membuat payudara sehat, seperti dilansir Lifemojo, Senin (11/4/2011):

1. Sayuran berdaun hijau
Sayuran hijau dan berdaun seperti kubis, brokoli, kembang kol dan kai lamb sangat baik untuk menjaga kesehatan payudara. Hal ini terutama karena sayuran ini kaya akan vitamin antioksidan dan serat. Vitamin E, vitamin C dan vitamin A secara kolektif disebut sebagai vitamin antioksidan, yang dapat membantu dalam menghilangkan radikal bebas dan racun lainnya dari tubuh.

Antioksidan dan serat juga memainkan peran penting dalam melindungi tubuh terhadap segala bentuk kanker, termasuk kanker payudara. Sayuran berdaun hijau juga mengandung indoles dan sulforaphane, yaitu fitokimia yang membantu dalam memerangi terhadap karsinogen dan racun.

2. Buah berry
Tidak sedikit orang yang tidak menyukai sayuran. Bila sayuran terlihat tidak menarik bagi Anda, maka buah berry mungkin bisa menjadi pilihan yang lebih baik.

Tidak hanya enak, buah berry juga dikemas dengan serat dan vitamin C (yang merupakan antioksidan kuat). Buah berry adalah pilihan yang sangat baik karena Anda dapat menikmatinya kapan saja di waktu makan. Anda dapat menambahkan berry untuk salad atau ke sereal dan bahkan yoghurt. Anda juga dapat memadukannya kapan saja atau dijadikan smoothie untuk sarapan.

3. Protein
Sumber protein yang bagus misalnya unggas tanpa kulit, ikan, daging merah tanpa lemak, susu bebas atau rendah lemak dan putih telur. Tapi bagi Anda yang vegan (tidak makan produk hewan sama sekali termasuk susu dan telur kacang-kacangan dapat menjadi pilihan protein nabati.

4. Buah jeruk
Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang secara efektif dapat membantu menjaga payudara tetap sehat. Ketika berbicara tentang vitamin C, maka buah dan jus jeruk menjadi pilihan utama. Buah ini memainkan peran yang sangat aktif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Ikan
Ikan kaya akan asam lemak omega 3 dan juga mengandung vitamin D tingkat tinggi. Kedua komponen ini sangat baik untuk kesehatan payudara, jadi selalu pastikan bahwa Anda menyediakan ikan dalam menu harian.