Selasa, 26 April 2011

Anak Kecil Bisa Terkena Katarak

img
Jakarta, Katarak biasanya identik dengan penyakit orang lanjut usia, karena sebagian besar katarak memang terjadi akibat proses degeneratif atau bertambahnya usia seseorang. Tapi ternyata anak pun bisa menderita katarak.

Katarak kebanyakan muncul pada usia lanjut. Data statistik menunjukkan bahwa lebih dari 90 persen orang berusia di atas 65 tahun menderita katarak. Sekitar 55 persen orang berusia 75-85 tahun daya penglihatannya berkurang akibat katarak.

Tapi bukan berarti katarak tak bisa terjadi pada anak-anak, meski sangat jarang. American Association for Pediatric Ophthalmology and Strabismus (AAPOS) melaporkan bahwa tiga dari 100.000 anak memiliki katarak.

Katarak menghambat penglihatan dengan menghalangi jalan cahaya ke retina (struktur belakang mata yang mengirim pesan visual ke otak).

Katarak pada bayi dan anak-anak, yang disebut katarak kongenital, menyebabkan pengembangan penglihatan abnormal yang dapat mengakibatkan kehilangan penglihatan permanen bila tidak diobati secepat mungkin.

Seperti dilansir dari Ehow, penyebab terjadinya katarak pada anak adalah sebagai berikut:

1. Pengembangan gestational

Katarak dapat terbentuk selama kehamilan (periode embrio dalam rahim ibu) karena suatu kelainan dalam pengembangan lensa. Abnormalitas tersebut dapat terjadi tanpa sebab tertentu, dan lebih mungkin terjadi pada bayi prematur.

2. Genetik

Kelainan pada lensa mata alami anak-anak mungkin merupakan gejala dari kondisi herediter (turunan) yang secara langsung berkaitan dengan mata dan pengembangan penglihatan, atau terjadi bersama dengan gejala kondisi medis lain.

3. Janin vaskular persisten

Janin vaskular persisten adalah kondisi yang berhubungan dengan katarak bayi. Dalam perkembangan indera penglihatan, pembuluh darah mengalir dari saraf optik (belakang mata) ke lensa untuk memasok nutrisi. Kerusakan dari pembuluh darah selama perkembangan dapat menyebabkan katarak di bagian belakang lensa.

4. Trauma cedera

Trauma cedera dapat menyebabkan pembentukan katarak. Katarak traumatik adalah hasil dari masuknya benda asing yang kuat, keras, tumpul, baik yang dapat merusak lensa dan menyebabkan pembentukan katarak segera setelah cedera, atau beberapa bulan sampai bertahun-tahun setelah cedera.