Selasa, 26 April 2011

Mencegah Sakit Pinggang Saat Hamil

img
Jakarta, Salah satu kondisi yang sering dikeluhkan ibu hamil adalah sakit pinggang yang biasanya terjadi saat perut semakin membesar. Tapi kondisi ini bisa dicegah dengan melakukan beberapa hal.

Terdapat beberapa hal yang bisa menyebabkan sakit pinggang saat hamil, seperti bertambahnya beban yang harus dibawa yang meningkatkan stres pada sendi, rahim yang tumbuh besar yang bisa menekan saraf.

Selain itu perubahan hormonal juga membuat sendi dan ligamen yang menempel tulang panggul ke tulang belakang menjadi longgar, sehingga timbul rasa sakit serta keidakstabilan bergerak.

Para ahli menuturkan ada dua pola umum dari sakit pinggang yaitu nyeri yang terjadi di daerah vertebrata lumbar di bagian punggung bawah dan nyeri di pelvis posterior yang dirasakan di bagian belakang tulang panggul.

Posisi pinggul yang bengkok seperti duduk di kursi dan membungkuk ke depan saat bekerja di meja bisa membuat nyeri pelvis posterior semakin memburuk. Terkadang beberapa ibu hamil mengalami sakit di kedua bagian tersebut.

Seperti dikutip dari Babycenter, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya sakit pinggang dan punggung, yaitu:
  1. Mulailah melakukan program latihan untuk meregangkan dan memperkuat otot-otot di punggung, kaki dan perut. Namun jangan terlalu cepat atau banyak, karena bisa menyebabkan ketegangan sendi.
  2. Perempuan hamil cenderung duduk dengan bahu turun dan punggung bungkuk sehingga menekan perut, hal ini akan memberikan tekanan lebih pada tulang belakang. Jadi usahakan untuk berdiri atau duduk dengan posisi tegak, sehingga perut tidak tertekan.
  3. Jika pekerjaan mengharuskan untuk duduk terus, maka gunakan bantal kecil untuk menyangga tulang punggung bawah. Serta usahakan untuk berjalan atau berdiri setidaknya setiap 1 jam.
  4. Jika ingin mengambil barang, usahakan dari posisi membungkuk untuk mengurangi tekanan pada punggung.
  5. Berhati-hatilah saat bangun tidur, serta tekuk kaki pada lutut dan pinggul ketika akan berguling ke samping.

Namun jika sakit pinggang tersebut sudah muncul, ibu hamil bisa melakukan hal berikut untuk membantu mengatasinya, yaitu:
  1. Jangan membiarkan diri terlalu lelah dan cobalah untuk tenang, namun juga jangan terlalu sering berada di tempat tidur dalam waktu lama karena bisa memperburuk kondisi yang ada. Serta hindari kegiatan yang mengharuskan untuk bungkuk.
  2. Mempelajari teknik relaksasi, sehingga bisa membantu mengatasi rasa ketidaknyamanan serta berguna saat malam hari jika rasa sakit membuat seseorang sulit untuk tidur.
  3. Mengkompres dengan air hangat, berendam dalam air hangat atau meletakkan botol berisi air hangat bisa membuat ibu hamil sedikit merasa lega.
  4. Cobalah untuk melakukan pijatan khusus ibu hamil, terutama jika dilengkapi dengan latihan peregangan. Namun sebaiknya pijatan ini dilakukan oleh orang yang memang sudah terlatih memijat ibu hamil.