Senin, 25 April 2011

Kicauan Burung Bikin Anak Tidak Takut Disuntik

img


Liverpool, Tidak mudah memberikan imunisasi pada anak, sebab umumnya anak-anak takut disuntik. Namun menurut penelitian, mendengarkan kicauan burung sebelum disuntik bisa mengatasi ketakutan tersebut.

Sebuah rumah sakit di Liverpool, Inggris telah membuktikannya dengan memutarkan suara kicauan burung di ruang tunggu. Suara tersebut ternyata membuat anak-anak lebih tenang dan tidak ketakutan ketika berhadapan dengan jarum suntik.

Menurut para peneliti yang terlibat dalam eksperimen tersebut, suara burung yang menenangkan itu telah mempengaruhi salah satu bagian otak yang pusat kendali emosi. Akibatnya anak-anak mudah melupakan kegelisahan dan rasa takutnya saat menunggu giliran disuntik.

Bahkan peneliti menduga suara itu juga mempengaruhi respons terhadap rasa sakit. Selain lebih sedikit merasakan sakit, anak-anak yang mendengarkan suara burung sebelum disuntik lebih cepat mengatasi rasa sakitnya sehingga tidak banyak menangis.

Penelitian yang didanai oleh The Foundation for Art and Creative Technology itu dipimpin seorang pakar pengobatan alami, David Attenborough. Ia dibantu oleh juru rekam suara, Crist Watson.

Suara-suara burung berkicau itu direkam di Springfield Park, lengkap dengan detail suara hujan dan hembusan angin. Rekaman itu awalnya hanya diperdengarkan di koridor rumah sakit, namun belakangan banyak pengunjung yang ingin memilikinya untuk diputar di rumah.

"Kami melihat manfaat nyata dengan menghadirkan suasana alami ke rumah sakit. Di bangsal anak, terapis bisa menggunakan rekaman semacam ini untuk mengalihkan kegelisahan dan membuat pasien lebih tenang," ungkap Artistic Programme Director FACT, Laura Siller seperti dikutip dari Telegraph.