Senin, 25 April 2011

Usia Pubertas Ibu Pengaruhi Ukuran Tubuh Anak

img
Ilustrasi (Foto: brainz)


Kanada, Mengapa ada anak yang lebih tinggi dan lebih besar dari teman-teman seusianya? Selain karena genetik, ukuran tubuh anak bisa dipengaruhi karena masa pubertas atau menstruasi sang ibu yang terlalu dini atau cepat.

Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa wanita yang terlalu cepat mencapai tahap pubertas, atau yang disebut menarche (menstruasi pertama), akan memiliki anak-anak yang tumbuh sedikit lebih cepat.

Dalam penelitian ini, peneliti mengamati petumbuhan lebih dari 30.000 anak laki-laki dan anak perempuan. Dari anak-anak ini, dipilih dua kelompok yang dilahirkan dari wanita yang mengalami menarche relatif ekstrim, yaitu sebelum usia 12 tahun dan setelah 14 tahun.

Perlu diketahui, sebagian besar perempuan mengalami menstruasi untuk pertama kali saat usia antara 12 dan 13 tahun. Tapi tidak berarti setiap perempuan mendapat menstruasi di usia yang sama, seorang anak perempuan bisa mendapatkan menstruasi pertamanya antara usia 8-15 tahun.

Pada saat usia 8 tahun, anak-anak dari kelompok wanita yang mengalami menarche lebih awal rata-rata lebih tinggi dan lebih berat ketimbang anak-anak dengan ibu yang mengalami menarche terlambat.

"Pertumbuhan adalah fenomena kompleks yang dipengaruhi oleh faktor genetik dan lingkungan," ujar Dr Olga Basso, pemimpin penelitian dari Universitas McGill di Montreal, Kanada, seperti dilansir dari Health24.
Dr Basso mengungkapkan bahwa usia ibu pada periode pertama menstruasi, yang sebagian dipengaruhi oleh gen, adalah salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan anak.

Peneliti memang belum memiliki penjelasan yang kuat untuk penemuan ini. Tapi menurut Dr Basso, faktor lain yang tidak bisa dijelaskan, seperti kebiasaan pola makan ibu yang menurun pada anaknya, dapat mengaitkan antara menarche dini pada ibu dan ukuran yang lebih besar dari anak-anaknya.

"Saya pikir temuan kami menggarisbawahi kompleksitas yang mendasari proses pertumbuhan," tambah Dr Basso.