Selasa, 19 April 2011

Kopi Tak Bikin Dehidrasi

img
Ilustrasi (Foto: Reuters)


Jakarta, Banyak orang yang mengira bila minum kopi atau minuman berkafein lainnya dapat menyebabkan dehidrasi. Tapi menurut penelitian terbaru, hal itu tidaklah benar. Kopi tidaklah membuat orang dehidrasi.

Dehidrasi atau gangguan dalam keseimbangan cairan atau air pada tubuh, biasanya terjadi jika cairan yang keluar dari tubuh lebih banyak ketimbang yang masuk.

Memang benar, minuman yang mengandung kafein memiliki efek diuretik. Hal ini berarti orang akan buang air kecil setelah minum minuman berkafein, yang dapat meningkatkan risiko dehidrasi.

"Tapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa hal tersebut tidaklah benar," kata Katherine Zeratsky, R.D., L.D, editor khusus Food & Nutrition Center.

Menurutnya, kafein akan memiliki efek diuretik jika orang mengonsumsinya dalam jumlah yang besar, yaitu lebih dari 500-600 miligram atau setara dengan 4 sampai 7 cangkir kopi per hari.

Namun, minuman berkafein tetap akan membuat orang merasa cemas, susah tidur dan merasa cemas.

Dan dari semuanya, air putih tetaplah cara yang terbaik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Air putih merupakan cairan yang bebas kalori, bebas kafein, tidah mahal dan mudah di dapat. Terlebih lagi tidak menimbulkan efek samping dan menyehatkan.