Selasa, 19 April 2011

20 Menit di Luar Ruangan Sama Baiknya dengan Secangkir Kopi

img
Ilustrasi (Foto: api.ning.com)


New York, Ketika mengantuk atau kehilangan energi, kopi menjadi pilihan agar tubuh kembali segar. Tapi sebenarnya tak perlu melulu mencari kopi, dengan keluar dari ruangan dan menghirup udara segar 20 menit sama efeknya seperti minum secangkir kopi.

Peneliti menemukan ketika orang kelelahan di meja kantor ada cara untuk menyegarkan badan tanpa harus minum kopi. Berjalanlah ke luar ruangan untuk menghirup udara terbuka karena alam punya efek seperti kafein yang membuat orang kembali segar.

"Alam adalah energi yang baik untuk jiwa," kata Professor Richard Ryan, psikolog dari University of Rochester, New York yang melakukan penelitian ini seperti dilansir dari telegraph.

Dalam temuan yang telah dipublikasikan oleh Journal of Environmental Psychology itu, disebutkan ikatan antara alam dan tubuh manusia membuat seseorang merasa lebih hidup ketika menghirup udara segar.

"Seringkali ketika merasa lelah kita mengambil secangkir kopi, tapi ada cara yang lebih baik untuk mendapatkan energi dengan kembali berkoneksi dengan alam," kata Professor Richard.

Professor Richard dan timnya melakukan 5 penelitian yang berbeda terhadap 537 partisipan dalam berbagai situasai baik ketika berada di dalam gedung maupun di alam terbuka. Kemudian peneliti mengukur tingkat energi dan suasana hati partisipan sepanjang hari saat melakukan berbagai aktivitas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipan merasa lebih energik ketika membayangkan dirinya berada di luar ruangan dan mengalami peningkatan vitalitas ketika hanya 20 menit di udara terbuka.

"Orang-orang yang memiliki vitalitas besar tidak hanya memiliki banyak energi tapi juga fisiknya lebih tahan terhadap penyakit," kata Professor Richard.

Dia menyarankan agar orang lebih banyak menghabiskan waktu di alam untuk kesehatannya karena alam memiliki hubungan yang alami dengan makhluk hidup