Senin, 18 April 2011

Wajah Perempuan Marah Mirip Laki-laki

img
Foto: angerrelease)


Jakarta, Terkadang beberapa orang menafsirkan wajah laki-laki dengan ekspresi marah sedangkan perempuan dengan ekspresi bahagia. Tapi jika seorang perempuan sedang marah, maka orang bisa saja melihatnya seperti laki-laki.

Dalam dua penelitian, peneliti meminta partisipan untuk mengidentifikasi jenis kelamin dari serangkaian bentuk wajah. Pada studi pertama, wajah dengan alis dan bibir yang diturunkan ke bawah (ekspresi marah) lebih cenderung diidentifiaksikan sebagai laki-laki. Sedangkan wajah dengan senyum dan alis terangkat (ekspresi bahagia) diidentifikasikan sebagai simbol feminim.

Pada penelitian kedua, menggunakan sejumlah gambar wajah laki-laki dan perempuan dengan berbagai ekspresi seperti bahagia, marah, sedih, takut atau tidak ada ekspresi (netral). Secara keseluruhan, partisipan lebih mampu mengidentifikasi wajah laki-laki lebih cepat daripada wajah perempuan. Wajah perempuan yang sedang mengekspresikan kemarahan paling lama diidentifikasi.

"Penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan antara kemarahan adalah laki-laki dan kebahagiaan adalah perempuan sangat kuat, sehingga bisa mempengaruhi keputusan seseorang mengenai jenis kelamin saat hanya melihat gambar sesaat," ujar Ursula Hess, PhD dari Department of Psychology, University of Quebec, Montreal.

Berdasarkan hasil yang didapatkan ini menunjukkan bahwa wajah adalah sebuah sistem isyarat kompleks dimana terdapat sinyal emosi, bahagia, perilaku seks dan lainnya yang terkadang tumpang tindih dan sulit dibedakan.

Hess mengungkapkan selama ini wajah laki-laki dengan dahi tinggi, rahang persegi dan alis tebal dipersepsikan dengan orang yang emosi dan sering marah. Sedangkan untuk wajah perempuan yang identik dengan bulat, muka bayi dengan mata besar selalu dikaitkan dengan individu yang mudah didekati dan hangat.

Jadi, jika seorang perempuan mengekspresikan wajah marah seringkali orang menyangka bahwa itu adalah wajah laki-laki. Karena orang yang marah biasanya akan menunjukkan ekspresi muka yang sama, sehingga sulit dibedakan. Sedangkan untuk ekspresi bahagia, biasanya perempuan lebih dominan dan laki-laki tidak terlalu suka menunjukkan ekspresi bahagianya.

Tapi baik itu wajah laki-laki atau perempuan, orang yang sering kali menunjukkan ekspresi wajah marah akan lebih cepat muncul tanda-tanda penuaan seperti keriput di wajahnya.