Senin, 18 April 2011

Bau-bau yang Paling Disukai

img
(Foto: carnivalcomfortcollection)


Jakarta, Ketika mencium bau sesuatu kadang mengingatkan seseorang akan masa lalu, orang terdekat atau kejadian yang tak terlupakan. Bau-bau apa saja yang disukai kebanyakan orang?

Survei yang dilakukan OnePoll terhadap 4.000 orang Inggris menemukan urutan yang berbeda antara pria dan wanita.

Pria misalnya lebih suka bau daging dan bensin ketimbang bau bayi. Sedangkan wanita misalnya lebih suka bau coklat, bayi, lavender. Tetapi baik pria maupun wanita suka bau seprai bersih, roti baru matang, kopi dan udara sehabis hujan.

"Bau memiliki kekuatan untuk menghidupkan kembali masa lalu dan mengingatkan kita pada seseorang yang istimewa, perasaan yang membangkitkan nostalgia dan kenyamanan," kata Stephen Weller, Direktur Komunikasi International Fragrance Association.

Menurutnya, hubungan antara aroma dan ingatan sangat kuat. "Bagaimana kita bereaksi terhadap bau yang berbeda itu sangat unik dan tergantung pada individunya dan pengalaman masa lalu kita," kata Weller.

Dalam survei itu juga membuktikan 9 dari 10 perempuan percaya aroma yang bagus memiliki kemampuan untuk mengubah suasana hati mereka. Wanita mengklaim bau tertentu membuatnya tersenyum atau mengingatkan mereka dengan seseorang yang dicintai.

Sementara 48 persen pria mengaku aroma di rumah membantu seperempat dari mereka lebih santai, atau menciptakan suasana hati yang tepat.

Berikut 20 bau-bau yang paling disukai:
1. Roti baru masak
2. Seprai bersih
3. Rumput yang baru dipangkas
4. Bunga segar
5. Kopi yang baru digiling
6. Udara segar setelah hujan turun
7. Vanila
8. Coklat
9. Ikan dan Keripik
10. Bacon yang digoreng
11. Hidangan panggangan makan malam
12. Bayi
13. Lemon
14. Lavender
15. Bensin
16. Apel
17. Korek api yang baru dinyalakan
18. Bunga mawar
19. Bau soda saat pesta
20. Karet ban