Senin, 18 April 2011

5 Manfaat Menstruasi

img
Jakarta, Menstruasi kadang membuat perempuan sakit, tidak nyaman dan aktivitas agak terganggu. Tapi bersyukurlah jika perempuan masih bisa mengalami menstruasi karena siklus bulanan yang bikin tak nyaman itu justru banyak manfaatnya.

Menstruasi merupakan siklus bulan yang dialami kaum hawa sebelum mengalami menopause. Terkadang sebelum atau saat menstruasi datang, seseorang mengalami PMS (premenstrual syndrome) yang begitu menyiksa seperti kram perut, mudah tersinggung, muntah bahkan hingga pingsan. Sehingga tak jarang ada perempuan yang takut jika menstruasi akan datang.

Dikutip dari Sheknows, Rabu (6/10/2010) sebaiknya seorang perempuan tidak lagi mengeluh soal datangnya menstruasi, karena ada 5 manfaat yang bisa didapatkan perempuan jika ia menstruasi setiap bulannya, yaitu:

1. Tubuh mengalami sinkronisasi
Dr Cheryl Pagel, dokter keluarga dari Banner Good Samaritan Medical Center mengungkapkan perempuan yang mendapatkan menstruasi setiap bulannya merupakan bukti bahwa tubuhnya melakukan sesuatu yang seharusnya dilakukan. Hal ini berarti tubuh berada dalam kondisi sinkron dan merupakan salah satu indikator kesehatan yang baik.

2. Tubuh mengalami hal yang positif
Menstruasi setiap bulan merupakan cara alami untuk mengatakan bahwa seseorang tidak terlalu gemuk dan tidak terlalu kurus.

Hal ini karena, jika seseorang memiliki tubuh yang gemuk akan menyebabkan menstruasi tidak teratur, kondisi ini akibat adanya lemak yang terakumulasi. Selain itu tubuh yang terlalu kurus juga bisa membuat menstruasi tidak teratur.

3. Hidup lebih lama dan bahagia
Penelitian menunjukkan bahwa perempuan lebih sering berusia panjang ketimbang pria. Kondisi ini karena adanya zat besi yang hilang saat menstruasi.

4. Proses pembersihan tubuh
Menstruasi yang datang setiap sebulan sekali bisa membantu melepaskan bakteri dari sistem reproduksi dan memungkinkan tubuh untuk menghilangkan kelebihan zat besi, sehingga dapat menurunkan risiko alzheimer, penyakit jantung dan stroke.

5. Membuat penampilan lebih baik dan nyaman
Sebagian besar perempuan tahu bahwa PMS bisa mendatangkan efek buruk seperti kembung, jerawat, kelelahan atau payudara yang sakit. Tapi biasanya setelah menstruasi datang dan berakhir, maka seseorang akan merasa lebih baik dan nyaman. Perubahan hormonal yang terjadi akan memberikan efek yang signifikan setelah menstruasi berlangsung sekitar 3-4 hari.