Senin, 25 April 2011

Perkembangan Otak Anak Laki-laki dan Perempuan

img
Jakarta, Otak anak laki-laki dan perempuan yang memiliki usia sama cenderung berada dalam tahap perkembangan yang berbeda. Walaupun pada akhirnya perkembangan otak keduanya bisa saling mengejar satu sama lain.

Berdasarkan studi dengan menggunakan MRI menunjukkan bahwa beberapa bagian otak tumbuh lebih cepat pada perempuan, sementara beberapa bagian otak lain cenderung lebih cepat berkembang pada otak laki-laki.

Ukuran dari otak juga bervariasi, pada umumnya otak laki-laki akan berukuran sedikit lebih besar dibandingkan otak perempuan. Meskipun perbedaan ini tidak terlalu signifikan.

Dikutip dari Babycenter, berdasarkan hasil beberapa penelitian didapatkan bahwa pada anak perempuan, daerah otak caudate yang membantu mengontrol bahasa dan emosi cenderung lebih besar. Daerah ini akan terlihat aktif ketika sedang melihat foto seseorang.

Selain itu bagian otak lain yaitu corpus callosum yang menghubungkan kedua sisi otak terlihat lebih besar pada otak anak perempuan dibandingkan pada anak laki-laki. Beberapa ilmuwan berpikir hal inilah yang membuat anak perempuan cenderung menggunakan kedua sisi otak kiri dan kanan dalam memecahkan suatu masalah.

Sementara pada anak laki-laki ditemukan bahwa bagian otak amigdala cenderung lebih besar, yaitu otak yang berfungsi mengendalikan emosi lebih dalam seperti rasa takut.

Adanya perbedaan-perbedaan dalam perkembangan otak ini tidak selalu berarti anak laki-laki akan lebih baik pada hal-hal tertentu dibandingkan dengan anak perempuan atau sebaliknya.

Karena otak pada anak-anak yang masih muda sangat mudah untuk dibentuk atau berubah, hal ini tergantung pada bagaimana anak-anak ini menggunakan daerah-daerah di otak tersebut dan stimulasi seperti apa yang didapatkannya.