Senin, 25 April 2011

Tanda-tanda Penyakit Jantung Bawaan

img


Jakarta, Penyakit jantung bawaan ada yang memiliki gejala tapi ada juga yang tidak sehingga banyak orangtua yang tidak menyadari gangguan jantung pada bayinya. Kenali tanda-tanda yang muncul dari penyakit jantung bawaan.

Jantung pada bayi akan mulai berdetak pada hari ke 22 setelah pembuahan, pada saat itu jantung masih memiliki bentuk tabung yang sederhana. Antara hari ke 22-24 jantung mulai membungkuk ke kanan dan melipat ke dalam untuk membentuk lingkaran.

Hari ke 28 setelah pembuahan, tabung yang ada samar-samar mulai berbentuk seperti struktur jantung dengan dua sisi jantung dan pembuluh darah besar yang membawa darah masuk dan keluar dari jantung. Biasanya pada saat inilah gangguan jantung bawaan mulai berkembang.

Dikutip dari Mayo Clinic, jika gangguan yang terjadi di jantungnya cukup parah, maka akan timbul gejala sejak awal-awal kehidupan, yaitu:

  1. Warna kulit terlihat pucat atau membiru (cyanosis).
  2. Terjadi pembengkakan di kaki, perut dan daerah di sekitar mata.
  3. Sesak napas saat menyusu.
  4. Memiliki berat badan yang rendah atau tidak terjadinya peningkatan berat badan.

Tapi jika gangguan yang terjadi di jantungnya tidak terlalu parah, seringkali hal ini baru akan terdiagnosis saat memasuki masa kanak-kanak.

Pada kondisi ini gejala yang timbul biasanya:

  1. Mudah mengalami sesak napas selama melakukan kegiatan atau berolahraga.
  2. Mudah merasa lelah saat melakukan aktivitas atau berolahraga.
  3. Terjadi pembengkakan di tangan, pergelangan kaki atau pada kakinya.
  4. Terjadinya penumpukan cairan di jantung atau paru-paru.

Namun, penyakit jantung bawaan tidak menyebabkan rasa sakit di dada atau nyeri seperti saat seseorang mengalami serangan jantung atau memiliki penyakit jantung.

Penyakit jantung bawaan menyebabkan aliran darah yang melalui jantung tidak normal, padahal aliran darah ini membawa darah yang kaya akan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Kondisi ini tentu saja memaksa jantung untuk bekerja lebih keras lagi agar bisa memenuhi kebutuhan tubuh.

Penyebab penyakit jantung bawaan yaitu jika ibu yang hamil memiliki penyakit rubella (campak jerman), mengonsumsi obat-obatan terentu yang diketahui dapat menyebabkan jantung bawaan serta adanya faktor keturunan dari riwayat keluarga baik orangtua ataupun kakek neneknya.