Recent Posts

Senin, 11 April 2011

Sayur & Buah yang Paling Banyak dan Sedikit Menyerap Pestisida

img
Ilustrasi (Foto: 3story.org)
Jakarta, Dalam jumlah tertentu, penggunaan pestisida untuk tanaman buah dan sayur masih dapat ditolerir tubuh. Ada sayuran dan buah yang paling rentan menyerap pestisida tapi ada juga buah dan sayur berkulit tebal yang sedikit terkena kontaminasi pestisida.

Buah dan sayur sudah dipercaya sebagai makanan sehat yang kaya serat. Tapi laporan kesehatan terbaru justru menemukan 67 jenis pestisida yang akhirnya membuat buah dan sayur 'kotor'.

Environmental Working Group, yang merupakan kelompok nirlaba AS yang fokus pada masalah, meneliti hampir 100.000 buah dan sayur yang diduga mengandung pestisida. Hal ini untuk menentukan buah dan sayur mana yang memiliki residu (sisa) bahan kimia berbahaya tersebut.

Yang paling dikhawatirkan adalah buah dan sayur yang dijuluki 'dirty dozen', yang berisi 47-67 pestisida per porsi. Ini adalah makanan yang diyakini paling rentan karena memiliki kulit lembut dan tipis, sehingga cenderung lebih banyak menyerap pestisida.

Pestisida merupakan bahan kimia yang digunakan untuk mengendalikan, menolak, memikat atau membasmi hama, penyakit dan gulma yang tidak berpengaruh pada tanaman. Pestisida seringkali disebut sebagai 'racun'. Tapi banyak petani yang menggunakan pestisida untuk mencegah kerusakan atau pembusukan.

Bila paparan pestisida terlalu banyak, maka pestisida bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti kanker, ADHD pada anak, gangguan sistem saraf dan melemahkan sistem kekebalan tubuh.

"Sangat penting untuk mengetahui buah dan sayur apa saja yang mengandung banyak pestisida," ujar Amy Rosenthal dari Environmental Working Group, seperti dilansir dari CNN, Rabu (2/6/2010).

Rosenthal juga menuturkan bahwa kelompoknya melakukan pengujian pestisida setelah buah dan sayur dicuci dengan air dengan sistem bertekanan tinggi USDA (USDA high-power pressure water system).

Berikut kelompok 'dirty dozen' atau 12 buah dan sayur yang paling banyak menyerap pestisida:
  1. Seledri
  2. Persik
  3. Stroberi
  4. Apel
  5. Blueberry
  6. Nektarin (Peach)
  7. Paprika
  8. Bayam
  9. Ceri
  10. Kentang
  11. Anggur
  12. Selada

Sedangkan lapisan kulit dari buah dan sayur yang tebal dapat mencegah kontaminasi pestisida. Kelompok buah dan sayur tersebut dijuluki 'Clean 15', yaitu yang memiliki tingkat pestisida rendah atau bahkan tidak ada sama sekali:
  1. Bawang
  2. Alpukat
  3. Jagung manis
  4. Nanas
  5. Mangga
  6. Kacang polong
  7. Asparagus
  8. Buah kiwi
  9. Kubis
  10. Terong
  11. Melon kuning
  12. Semangka
  13. Jeruk Bali
  14. Ubi jalar
  15. Bawang bombay