Recent Posts

Minggu, 15 Januari 2012

Dinding dan Lantai


Keramik
Di tengah ramainya persaingan bahan-bahan baru, keramik tetap digemari sebagai material pelapis lantai. Ada dua jenis keramik yang beredar di pasaran. Pertama adalah keramik dengan permukaan mengkilap, tidak bertekstur dan biasa dipakai untuk ruang dalam serta yang kedua yaitu keramik dengan permukaan tidak mengkilap, bertekstur dan digunakan di ruang luar. Keunggulan keramik adalah permukaannya solid, tidak berpori, tahan terhadap noda, terlihat berkilau saat kena cahaya (jewellike) dan mempunyai banyak variasi motif, warna juga ukuran. Keramik juga cukup tebal dan tahan terhadap beban atau gores sehingga mudah merawatnya.
Marmer dan Granit
Material berupa batuan alam yaitu marmer dan granit memiliki keunggulan pada tampilan yang mewah serta elegan juga tingkat kekerasan maupun kekuatan tinggi sehingga tahan terhadap goresan. Di pasaran, kedua bahan dijual dalam bentuk lembaran (random slab) dan potongan (cutting) serta memiliki pori-pori kecil sehingga tahan terhadap noda. Khusus granit buatan, memiliki motif yang lebih bervariatif, harga lebih murah dan tingkat presisi yang tinggi.
Laminate
Semakin menipisnya persediaan kayu membuat para pengusaha industri kayu mencari solusi lain yang lebih efisien dan ekonomis, salah satu caranya dengan memanfaatkan potongan kayu yang tidak terpakai kemudian diolah menjadi parket kayu laminate. Ada dua jenis laminate yaitu HDF (Hard Density Fiber) yang lebih padat dan lebih kuat dibandingkan dengan MDF (Medium Density Fiber). Laminate mempunyai ketahanan sampai 10 tahun, memberi kesan hangat pada ruangan dan tampilannya mirip dengan parket kayu solid asli, apalagi dibantu dengan teknologi cetak (print). Sekarang ini, laminate juga ada yang terbuat dari bahan bambu yang semakin banyak digemari sebagai pengganti kayu dengan kesan eksotik.
Kaca
Ada dua jenis kaca yang digunakan sebagai bahan penutup lantai yaitu laminated glass dan wired glass yang keduanya termasuk kategori safety glass. Laminated glass memiliki lapisan polyvynil butyral/PVB di bagian tengahnya yang berfungsi merekatkan kaca bila terjadi keretakan atau pecah sedangkan wired glass memiliki struktur lempeng kawat yang berfungsi untuk memperkuat konstruksi kaca sehingga dapat menahan beban yang berat. Selain memberi kesan modern, penggunaan lantai kaca memberi kesan melayang karena dapat melihat bagian bawah lantai kaca tersebut.

ANEKA VARIASI PENGOLAHAN DINDING
Penulis : Imelda Anwar
Fotografer : M. Ifran Nurdin dan Ahkamul Hakim

Dinding tidak hanya berfungsi sebagai bidang penyekat antara ruangan tetapi juga menjadi elemen estetik yang dapat mempengaruhi suasana dan aktivitas di ruangan. Karena itu, tampilan dinding baik eksterior ataupun interior harus diolah secara kreatif. Caranya antara lain mengolah bentuk maupun ukuran bidang dinding dan memadukan finishing dinding.
Seperti kita ketahui, mengecat dinding merupakan cara paling praktis untuk mengubah tampilan dinding karena cepat dan mudah dikerjakan. Yang terbaru dari produk ini adalah cat pelapis tembok yang tidak mengeluarkan bau mengganggu dan tidak mengandung logam berat berbahaya seperti halnya produk merek No Odor. Keunggulan lain dari cat adalah tersedianya pilihan warna yang selalu mengikuti tren terbaru sehingga dapat mengekspresikan gaya hidup masa kini. Contohnya adalah koleksi cat terbaru Danapaint Indonesia yang menghadirkan empat kategori warna yang menarik yaitu warna yang lembut, ceria, santai dan energik sehingga bisa mengakomodasi berbagai kebutuhan pemakai dari segala umur. Konsumen juga dapat menciptakan warna yang sesuai dengan selera pribadi melalui program komputer yang akurat, cepat dan terjamin kualitasnya. Selain itu, beberapa merek cat kini memiliki jenis produk dengan efek khusus pada dinding mulai dari yang sedikit memantulkan cahaya / egg shell, mengkilap / gloss sampai yang bertekstur kasar. Bahan dasar cat juga semakin bervariatif, ada yang mengandung cairan khusus untuk antijamur dan antilumut serta ada juga yang melindungi dari penyerapan air.
Jenis finishing dinding lain yang makin digemari konsumen adalah wallpaper. Keunggulannya terletak pada variasi motif dan tekstur yang selalu mengikuti tren terbaru. Gaya interior neo glamor masa kini misalnya mengadopsi detail dekoratif gaya klasik Eropa diabad ke-19 lalu. Oleh karena itu, wallpaper mutakhir “ramai” oleh motif flora dan motif damask berukuran besar tetapi tidak serumit pola di zaman dulu. Dalam hal material, pendekatan desain dengan mengekspos bahan pembentuk dinding menjadi alternatif menarik. Ada desain yang menonjolkan keunikan bahan alami seperti batu bata dan ada pula yang bernuansa industrial seperti beton. Partisi kaca ada yang diberi cutting stiker yang juga tersedia dalam berbagai ukuran dengan didukung oleh alat / fitting canggih sehingga menghilangkan batasan fisik ruang.