Selasa, 05 April 2011

Kunyah Bawang Putih Usir Flu


Bawang putih memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu tubuh melawan infeksi.

Bawang putih (dok. Corbis)

Tenggorokan gatal disertai bersin-bersin adalah gejala flu mulai menyerang. Segera lakukan tindakan pengobatan agar tak semakin menyiksa. Sebelum menjatuhkan pilihan pada obat-obatan kimia, cobalah kunyah bawang putih.


Mengunyah satu siung bawang putih mentah cukup efektif sebagai upaya pertolongan pertama mencegah flu semakin parah.

"Setiap kali saya merasa bagian atas tenggorokan mulai gatal, saya segera menangkalnya dengan bawang putih,” kata Gene Stone, penulis buku 'The Secrets of People Who Never Get Sick', seperti dikutip dari Shine.

Gene sadar banyak orang tidak menyukai rasa bawang putih. Aroma menyengat seringkali meninggalkan bau mulut yang tak sedap. Tapi, ia menyuguhkan trik untuk mengusir aroma tajam itu.

"Saya tidak menyukai rasanya karena sering meninggalkan bekas bau di mulut. Tapi untuk mengatasi bau mulut karena bawang putih, saya selalu sedia cokelat sebagai penetralisir bau. Bahkan seringpula saya mengunyah peterseli segar.”

Bawang putih bukan sekadar bumbu penyedap masakan. Bumbu dapur satu ini memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu tubuh melawan infeksi. Mulai dari mengobati dan mencegah infeksi saluran kencing, meredakan pilek, hingga mencegah kanker.