Selasa, 05 April 2011

Cegah Pikun dengan Lima Makanan Ini


Konsumsi makanan ini juga bermanfaat mengusir depresi, dan mencegah tumor otak.

Secangkir kopi (inmagine)

Jika Anda ingin meningkatkan daya otak dan memaksimalkan memori, konsumsi makanan bernutrisi sangat membantu. Apa saja makanan terbaik bagi otak?


Cobalah konsumsi makanan berikut ini demi membantu meningkatkan daya ingat, sekaligus bermanfaat mengusir depresi, dan mencegah tumor otak, seperti dikutip dari The Sun:

1. Stroberi
Mengandung fisetin disebut flavonoid yang dapat meningkatkan kerja memori di otak. Semua jenis berry, termasuk blueberry, juga kaya antioksidan yang dapat membantu mengurangi stres di otak

2. Kuning telur
Makanan untuk perkembangan otak dan memori melimpah di kuning telur. Inilah mengapa anak di bawah usia tujuh tahun dianjurkan mengonsumsinya, karena area yang memengaruhi daya ingat masih berada pada tahap awal pengembangan. Tapi ingat, kuning telur tinggi kolesterol, jadi bagi orang dewasa hati-hati!

3. Biji Kopi
Kaya akan vitamin, mineral, antioksidan dan asam amino. Beberapa penelitian menunjukkan, minum kopi secara teratur dapat mengurangi risiko demensia. Sebuah penelitian di Korea Selatan bahkan mengungkap bahwa kopi mengandung zat yang dapat memperlambat pertumbuhan tumor otak.

4. Salmon
Salmon tinggi asam lemak omega-3, yang tinggi DHA. Mengonsumsinya akan memperlancar pengiriman sinyal di otak.

Penelitian menunjukkan, rendahnya tingkat DHA dapat menyebabkan kehilangan memori, kurang konsentrasi atau gangguan suasana hati. Dan dalam kasus terburuk, kekurangan DHA memicu depresi, skizofrenia dan autisme.

5. Kacang
Banyak mengandung vitamin E yang bisa membuat otak sehat, sehingga membantu mencegah kehilangan memori akibat penuaan. Kenari juga mengandung omega-3. Sementara kacang mete kaya magnesium yang memungkinkan produksi oksigen ke sel otak meningkat.