Kamis, 07 April 2011

Benang Gigi Cegah Stroke dan Sakit Jantung


Benang gigi membantu menyingkirkan bakteri yang dapat memicu penyumbatan pembuluh darah.

memakai benang gigi (inmagine.com)

Pemakaian benang gigi tak sekadar ampuh membersihkan sisa makanan yang tak terjangkau sikat gigi, tapi juga menjadi investasi kesehatan jangka panjang. Bahkan, berperan mencegah risiko stroke dan penyakit jantung.

Seperti dikutip dari Daily Mail, benang gigi membantu menyingkirkan bakteri yang memicu pertumbuhan plak dan karang pada gigi. Kebersihan gigi penting demi mencegah infeksi gusi.

Infeksi atau peradangan gusi umumnya memicu kerusakan jaringan dan tulang pendukung gigi. Selain membuat gigi mudah tanggal, kerusakan jaringan pada gusi berperan memicu penyebaran bakteri yang dapat menyumbat pembuluh darah. Ini yang kemudian meningkatkan risiko stroke dan penyakit jantung.

Sejumlah studi yang mengungkap hubungan antara penyakit periodontal dan penyakit jantung, menunjukkan akumulasi mikroorganisme dari radang gusi di arteri pasien dengan gangguan jantung. Tumpukan mikroorganisme itu yang kemudian memicu penyumbatan dan merusak dinding arteri.

Dr Sharlin Ahmed dari Asosiasi Stroke mengatakan, "Bakteri dalam mulut berkontribusi menyebabkan penyempitan dinding pembuluh darah, yang dapat mengakibatkan stroke. Bakteri dalam mulut juga bisa menyimpan lemak di arteri, yang dapat menyebabkan gumpalan darah dan dapat mengakibatkan stroke."

Penelitian Universitas Hiroshima juga mengungkap bahwa mereka yang memiliki jumlah gigi kurang dari 24 saat dewasa, 60 persen lebih mungkin menderita stroke. "Kehilangan gigi mungkin berhubungan dengan stroke iskemik dan perdarahan," kata Dr Mitsuyoshi Yoshida, yang memimpin penelitian.

Penelitian yang melibatkan 358 pasien ini menemukan, pasien stroke pada usia 50-an dan 60-an memiliki jumlah gigi yang sudah tanggal lebih banyak dibandingkan pasien penyakit lain dalam kelompok usia sama.

Hasil analisis dari empat studi terpisah menunjukkan, mereka yang hanya memiliki 24 gigi mengalami peningkatkan risiko stroke sebesar 57 persen, dibandingkan mereka dengan 25 gigi atau lebih. Analisis ini memperhitungkan berbagai faktor risiko pemicu stroke, seperti kebiasaan merokok, obesitas, dan penggunaan alkohol.

Menjaga kebersihan gigi secara tuntas menjadi penting untuk mencegah risiko stroke dan penyakit lain terkait penyumbatan pembuluh darah. Jadi, jangan lupa menyikat gigi dan menggunakan benang gigi secara teratur demi kesehatan jangka panjang!