Kamis, 07 April 2011

10 Sumber Bakteri di Tempat Umum


Di tempat yang terlihat bersih pun bisa menjadi sumber bakteri.

Mesin ATM (vrxinc.com)

Lingkungan bersih merupakan modal bagi kesehatan. Namun, jika sudah di tempat umum, tidak ada yang bisa menjamin lingkungan di sekitar Anda bebas dari kuman dan bakteri.


Perlu Anda tahu, penyebaran kuman atau bakteri tidak hanya terjadi di tempat-tempat kotor. Di tempat yang terlihat bersih pun bisa menjadi sumber bakteri. Tanpa disadari, kuman atau bakteri dari orang lain yang menempel di tempat-tempat umum dapat berpindah ke tubuh Anda, seperti dikutip dari laman Shine.

Misalnya, tombol elevator atau lift. Ternyata, tiap kali memencet tombol lift, Anda bisa berbagi bakteri dengan orang yang pernah atau yang akan memencet tombol tersebut.

Ingin tahu tempat paling kotor di tempat-tempat umum? Berikut ini beberapa sumber bakteri di sekitar Anda:

1. Pegangan tangan, misalnya di tangga penyeberangan atau di kantor

2. Tombol elevator

3. Pegangan troli belanja

4. Menu restoran

5. Uang dari mesin kasir

6. Tombol lampu

7. Wadah garam atau lada di restoran

8. Mesin ATM

9. Peralatan olahraga di pusat kebugaran

10 Telepon umum

Cukup banyak, bukan? Tapi, jangan langsung panik, cegah penularan kuman dan bakteri dengan beberapa hal sederhana di bawah ini:

- Cuci tangan
Usahakan untuk selalu cuci tangan sebelum makan, masak atau memakai lensa kontak. Selain itu, cuci tangan Anda setelah masak, setelah memakai toilet, usai memberi makan binatang peliharaan, dan setelah bersin atau batuk.

- Jauhkan tangan dari wajah
Tidak peduli berapa kali Anda mencuci tangan, jika berada di tempat umum, kuman tetap bisa menempel di tangan Anda. Hati-hati, kuman bisa cepat masuk ke dalam tubuh jika Anda sembarangan menyentuh wajah, mata, bibir atau hidung.

- Hindari makanan yang diambil dengan tangan
Meski sudah banyak orang mengaku telah teratur mencuci tangan, tapi tak semua dari mereka mencuci tangan dengan benar. Jadi, hindari mengambil makanan yang disediakan untuk umum yang diambil dengan tangan.