Senin, 11 April 2011

Resolusi Sehat 2011 untuk Anak-anak, Remaja dan Dewasa

img
foto: Thinkstock
Jakarta, Biasanya resolusi tahun baru dibuat oleh orang dewasa yang sudah memiliki pemikiran matang. Padahal tak hanya orang dewasa, anak-anak pun bisa membuat resolusi di tahun baru, terutama resolusi untuk kesehatan dan kebugaran.

Dilansir About.com, Jumat (31/12/2010), berikut beberapa resolusi sehat tahun baru untuk seluruh anggota keluarga:

Resolusi sehat untuk anak-anak
  1. Saya akan mencoba menemukan olahraga (seperti basket atau sepak bola) atau suatu kegiatan (seperti menari, lompat tali atau naik sepeda) yang saya suka dan melakukannya setidaknya tiga kali seminggu.
  2. Saya akan selalu memakai helm ketika bersepeda.
  3. Saya akan minum susu dan air, serta membatasi soda dan minuman ringan lain.
  4. Saya akan cukup tidur setiap malam sehingga saya beristirahat dan siap untuk belajar dan bermain setiap hari.
Resolusi sehat untuk remaja
  1. Saya akan makan sedikitnya satu porsi buah dan satu jenis sayuran setiap hari dan membatasi minum soda.
  2. Saya akan merawat tubuh saya melalui aktivitas fisik dan gizi yang baik.
  3. Saya akan memilih acara televisi non-kekerasan dan permainan video hanya satu sampai dua jam setiap hari.
  4. Ketika saya merasa marah atau stres, saya akan istirahat dan menemukan cara yang sehat untuk mengatasi stres, seperti berolahraga, membaca, menulis dalam jurnal atau mendiskusikan masalah saya dengan orang tua atau teman.
Resolusi sehat untuk orang dewasa
  1. Saya akan memastikan anak saya memakai helm dan lainnya yang sesuai keselamatan perlengkapan olahraga.
  2. Saya akan memberikan makanan sehat yang bervariasi untuk keluarga setiap kali makan.
  3. Saya akan menekankan makanan yang bergizi tinggi seperti roti gandum dan sereal, serta buah-buahan dan sayuran segar.
  4. Saya akan mencoba untuk menemukan olahraga atau kegiatan yang saya suka dan melakukannya setidaknya tiga kali seminggu.
Resolusi sehat untuk keluarga
  1. Kami tidak akan makan makanan cepat saji atau kurang dari satu kali setiap bulan.
  2. Kami akan menambahkan snack buah segar dalam rutinitas sehari-hari.
  3. Kami akan beralih ke roti gandum, pasta, dan sereal.
  4. Kami akan selalu meneliti label makanan dan menghindari makanan yang tinggi gula atau lemak trans.
  5. Kami akan menghabiskan 30 menit di luar bermain bersama sesering mungkin.
  6. Kita akan mencari tempat yang memberikan kesempatan bagi seluruh keluarga secara fisik aktif bersama-sama.