Kamis, 12 Januari 2012

1001 Manfaat Pisang Bagi Tubuh

Tautan

Buah yang mudah ditemui di daerah beriklim tropis ini, tak sekedar memiliki rasa yang lezat, namun ternyata juga menyimpan banyak sekali manfaat untuk kesehatan.


Harga pisang yang terjangkau, memang selalu menjadi pilihan buah wajib di rumah bagi sebagian besar keluarga. Tak heran, buah ini juga dikonsumsi sebagian orang saat melakukan diet.


Biar Anda tak penasaran, berikut ini beberapa manfaat pisang yang baik bagi tubuh Anda.


Sumber Alami Potasium


Dengan jumlah potasium, atau kalium, yang tinggi, pisang membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam sel-sel tubuh. Kalium yang tinggi dalam tubuh dapat membantu menurunkan risiko stroke. Rendahnya kandungan natrium dalam pisang, juga aman dikonsumsi bagi penderita tekanan darah rendah.


Banyak Vitamin dan Mineral


Pisang yang besar mengandung vitamin A yang tinggi, yang baik bagi perkembangan jaringan optik di mata Anda. Vitamin A juga penting bagi kesehatan kulit dan pertumbuhan tulang.


Pisang juga mengandung vitamin B6 yang membantu mengatur tingkat gula darah. Vitamin B12 dan B6, bersama dengan kalium dan magnesium juga membantu pecandu rokok, karena memulihkan fungsi paru-paru dari efek penghentian nikotin.


Mengandung Serat


Pisang menjadi pilihan bagi Anda yang menderita sembelit dan bermanfaat untuk pembersihan usus besar, karena mengandung serat tinggi. Hal inilah yang membantu memulihkan buang air besar secara teratur. Pisang juga baik dikonsumsi bagi penderita bisul/borok, karena mudah dicerna dan memiliki sifat keasaman yang netral.


Mood Booster


Bila sedang bad mood, lebih baik memilih makan pisang dibandingkan coklat atau es krim. Pisang dapat menaikkan mood Anda, karena memicu produksi hormon serotin, yang bertanggung jawab memperbaiki suasana hati Anda, membuat Anda rileks dan membuat Anda dalam keadaan jauh lebih tenang.


Antasid Alami


Pisang mengandung antasid alami, yang membantu menurunkan keasaman lambung, guna mengurangi sakit maag dan gangguan pencernaan. Jadi pastikan untuk memilih pisang sebagai makanan penutup untuk menjaga kesehatan perut Anda.