Minggu, 12 Februari 2012

Rambut Sehat Tanpa Rumit




5 Trik menjaga keindahan dan kesehatan makhota kita.
Semua impian bisa dicapai asalkan kita tahu cara untuk mencapainya. Hal ini juga berlaku bagi rambut indah dan sehat. Tak perlu keluar uang banyak supaya dapat memiliki rambut indah. Coba lakukan 5 tip sederhana ini agar mendapatkan rambut lebih berkilau, kuat dan sehat.
1. Tahu waktu tepat untuk menyisir.
Untuk menghindari rambut rontok saat keramas, sebelum masuk kamar mandi sisir rambut kering dengan menggunakan sisir bergigi besar terlebih dahulu. Rambut yang basah cenderung lebih rapuh dan rentan rusak. Ingat, jangan menyisir rambut terlalu sering dan usahakan sisir rambut setelah rambut benar-benar kering.
2. Gunakan kondisioner sebagai parameter.
Jika botol kondisioner habis terlebih dahulu ketimbang sampo, itu tandanya kita menggunakannya secara berlebih. Menggunakan kondisioner secara berlebih tak hanya menghabiskan uang, tapi juga menumpukkan kotoran di rambut sehingga mempercepat waktu keramas lagi. Gunakan kondisioner hanya pada bagian tengah hingga ujung rambut saja. Biarkan minyak alami rambut melembabkan kulit kepala dan bagian rambut paling dekat menjadi sehat.
3. Pakai teknik alami sebelum menggunakan hairdryer.
Memang mengeringkan rambut secara alami membutuhkan waktu yang lama. Bagaimana kalau kita sedang diburu-buru waktu? Percepat proses pengeringan dengan menggunakan handuk berdaya serat tinggi (tidak digosok-gosok hanya di tepuk-tepuk saja). Lalu, lanjutkan dengan membungkus rambut dengan handuk lain hingga rambut kering 80%. Kemudian lakukan tugas lain, seperti mengaplikasikan make-up dan memakai baju, biarkan rambut kering secara akami. Baru kita tata dengan menggunakan hairdryer. Trik ini akan meminimalisasikan kontak panas pada rambut.
4. Pilih panas yang sedang.
Coba berikan rambut waktu istirahat dari perkakas panas setidaknya 3 hari setiap minggunya. Ketika menggunakan hairdryer atau catokan, pilihlah panas yang sedang. Jika catokan kita memiliki pengukur suhu, jangan pernah atur panas lebih dari 410 derajat, saran Chrystofer Benson, direktur artistic untuk Logics , sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perawatan rambut. Jangan lupa untuk mengaplikasikan produk pelindung rambut sebelum menggunakan alat-alat panas tersebut. Gunakan catokan secara perlahan untuk tiap rambut 1-2 kali. Cara ini lebih efektif, meminimalisasikan kerusakan, dan memberikan hasil tahan lama, ketimbang saat kita melakukan pencatokan secara cepat 3-4 kali.

5. Jangan pegang.

Tangan kita ibarat ‘bank’ kotoran dan minyak, jadi membelai, memutar-mutar dan memegang ramut sepanjang hari adalah cara tercepat untuk membuat rambut menjadi kusam dan kotor. Tata rambut dengan tangan yang bersih.