Minggu, 15 Januari 2012

Memfinishing Kamar Mandi dengan Keramik

oleh: Putri Dwimirnani

iDEA/Richard Salampessy

Biasanya, area untuk kamar mandi disediakan tak terlalu besar. Meski cuma area servis, jangan dilupakan, dong . Supaya kamar mandi juga indah, hiaslah dengan keramik. Mudah dan murah.

Keramik, sebagai material yang paling umum digunakan, banyak yang dilengkapi dengan motif. Umumnya, motif tersebut bertujuan untuk digunakan di kamar mandi.

Motif yang terlalu ramai bisa membuat ruangan terlihat sempit. Nah , supaya terlihat luas tapi tetap cantik, pilih motif yang berupa bingkai atau border . Buat garis yang membingkai tepian kamar mandi dengan warna yang kontras.

Alternatif lain, bisa dengan membuat pola garis lurus di dua sisi lantai. Biarkan garis tersebut membelah ruangan dan memberi efek memanjang. Tempatkan pada posisi ruangan yang ingin diperlebar.

Kalau tidak ingin menggunakan motif apapun, manfaatkan saja bentuk keramik. Sejauh ini, yang kita tahu keramik berbentuk persegi dengan ukuran 20x20 cm, 25x25cm, dan seterusnya. Sebenarnya, ada juga loh yang bentuknya persegi panjang.

Biasanya, keramik persegi panjang ini digunakan untuk dinding kamar mandi. Fungsinya untuk membuat plafon terlihat lebih tinggi. Jika digunakan pada lantai, efeknya tentu berubah. Ruangan bisa terlihat lebih luas karena garis-garis memanjang yang ditimbulkan oleh nat keramik.

Sederhana sekali, bukan?