Minggu, 15 Januari 2012

Kamar Mandi Hitam Berkonsep Panggung


Kamar mandi. Foto: iDEA/Richard Salampessy

Bathup dipasang di atas “panggung”. Batu andesit dipasang maju-mundur pada dinding. Jika cahaya masuk, timbulah cahaya bergradasi.

Mari masuk ke kamar mandi di rumah Erie Heryadi. Kesan unik terlihat dari desain ruang kamar mandi yang terletak pada kamar tidur utama. Unik, karena berkonsep panggung pada area bathtub. Selain itu, dindingnya pun bertekstur.

Olahan dinding menggunakan batu andesit berbentuk bujur sangkar dengan ukuran 30cm x 30cm. Pemasangannya berpola maju-mundur, sehingga membentuk tekstur yang menawan. Batu yang menonjol adalah andesit berwarna hitam. Sedangan yang sedikit tenggelam menggunakan batu berwarna abu-abu. Paduan ini menghasilkan gradasi warna yang mengesankan.

“Bagian yang menonjol memakai batu yang telah dipoles, sedangkan bagian yang sedikit ke dalam tanpa dipoles,” ungkap Riri Sardjono, sang arsitek rumah.

Semula kamar mandi berukuran 3m x 2m. Terdapat tiga fungsi di sana: untuk kloset, wastafel, dan area shower. Masih ada sisa lahan berupa lorong 4m x 1m. Semula akan dijadikan area bawah taman, tapi urung dilakukan karena dikhawatirkan mengundang nyamuk dan sulit merawatnya. Lantas area itu menjadi tempat mandi dengan bathtub.

“Sekarang saya malah suka dengan lorong itu. Memiliki cita rasa seni dan indah,” ucap Erie. Desain kamar mandi merupakan permainan garis-garis horizontal dan vertikal yang tegas. Pola melengkung hanya terdapat pada wastafel, keran wastafel, dan gagang tarikan pintu kaca di area shower. Lengkungan memberi kesan anggun. Pilihan warnanya tidak neko-neko. Warna gelap material berpadu dengan warna terang cat tembok dan nat keramik. Kontras yang harmonis. Erie pun makin betah di kamar mandi karena di sana tersedia buku dan majalah. Keperluan untuk membaca itu ditempatkan di lemari built-in dengan rak. Furnitur lain yang menarik adalah kabinet sebagai tempat wastafel. Kamar mandi ini memang unik, lengkap, indah, dan nyaman!