Senin, 16 Januari 2012

Menentukan Jenis dan Titik lampu di Kamar Mandi


Menentukan Jenis dan Titik lampu di Kamar Mandi

Cahaya buatan memegang peranan penting di dalam kamar mandi anda. Fungsinya sebagai penerang dalam menunjang aktifitas di kamar mandi. Pastikan kebutuhan cahaya di kamar mandi anda terpenuhi. Perhatikanlah penempatan titik-titik lampu di kamar mandi.

Di kamar mandi, general lighting dibutuhkan untuk menerangi keseluruhan ruangan. General lighting dapat dibuat menggunakan downlight fluorescent pada beberapa titik. Yang penting, lampu dapat menerangi ruang secara merata.

General lighting adalah pencahayaan standar untuk sebuah ruang, termasuk kamar mandi. Jenis penerangan ini cocok diterapkan jika pada kamar mandi tak ada aktvitas khusus, selain membersihkan diri. Namun, apabila kamar mandi memiliki fungsi lain misalnya ada tempat berendam, mandi shower dan berhias, maka titik lampu tambahan dibutuhkan.

Untuk memberikan penerangan saat berendam, Anda bisa meletakkan lampu di plafon yang tegak lurus dengan bagian tengah atau kaki bathtub . Lampu yang bisa digunakan adalah downlight fluorescent atau downlight halogen . Anda bisa menggunakan dimmer agar anda bisa mengatur suasana dengan memainkan terang gelapnya ruang pada saat berendam.

Lampu untuk shower box bisa anda letakkan tepat di atas shower . Anda bisa menggunakan lampu downlight fluorescent atau downlight halogen . Lampu jenis halogen sebenarnya paling tepat di area bathtub dan shower box, karena jenis lampu ini juga mengeluarkan panas. Panas yang dikeluarkan lampu bisa membantu proses pengeringan di area shower dan bathtub yang cenderung basah.

Lampu di area berhias bisa diletakkan menempel di cermin dengan konsep pencahayaan indirect lighting . Pencahayaan indirect ini akan mengurangi efek silau ketika berhias. Jenis lampu yang bisa digunakan adalah lampu TL atau LED strip.