Senin, 16 Januari 2012

Suasana Alami Dibangun Lewat Jendela Lebar dan Elemen Ruangan

oleh: Rasantika M. Seta

Jendela Lebar Membuat Ruang Sejuk dan Terang

Jendela membuat ruangan terang dan sejuk. Keindahan taman pun dapat dinikmati dari dalam ruangan.

Ketika membangun sebuah ruangan, taman bisa menjadi orientasi sebuah ruangan. Pada rumah ini, taman dikelilingi oleh bangunan, sehingga setiap ruang di dalam rumah berpotensi memiliki area yang menghadap ke taman rumah.

Tentu keberadaan sebuah taman yang taman sangat sayang dilewatkan. Rata-rata orang menikmati keindahan taman langsung di tengah-tengah taman, atau di area sisinya. Misalnya dengan menempatkan bangku dan meja pada taman, atau membuat sebuah teras dengan area duduk yang nyaman di sisi bangunan.

Pada rumah ini, keindahan taman tidak hanya bisa dinikmati pada area taman dan teras, namun juga dari dalam ruang keluarga. Keberadaan deretan jendela kaca dan pintu membuat semua itu terealisasi. Dengan begitu, ketika penghuni rumah duduk di dalam ruang keluarga ini, mereka dapat menikmati suasana taman yang ada di luar sana.

Sosok taman yang sejuk dan indah, rupanya juga tak hanya ada di ruang luar. Suasana alam juga coba dihadirkan ke dalam ruangan dengan menempatkan, antara lain: tamanan Kuping Gajah pada sudut ruang. Hijau tanaman juga coba dihadirkan pada salah satu dinding ruangan. Pada ruangan, suasana alam juga dibangun dengan menggunakan elemen bangunan dan furnitur dari kayu dan serat tanaman. Dengan begitu, suasana luar dan dalam tak terlihat kontras, suasana alami pun dapat tercipta dan dinikmati di ruang keluarga ini.