Senin, 16 Januari 2012

Memasang Instalasi Listrik di Kamar Mandi

oleh: Devi

Memasang Instalasi Listrik di Kamar Mandi

Memasang instalasi listrik di kamar mandi perlu dilakukan dengan cermat. Salah pemasangan berakibat fatal.

Keberadaan instalasi listrik tambahan di kamar mandi bisa dikata tidak vital. Kalau pun tak ada, tak masalah. Kebutuhan akan instalasi listrik yang terpenting di kamar mandi adalah penempatan lampu sebagai penerangan buatan. Soal instalasi listrik tambahan seperti stop kontak, atau lampu-lampu tambahan lebih berfungsi sebagai sarana penunjang.

Meski begitu, tak ada salah juga jika Anda ingin melengkapi kamar mandi dengan instalasi listrik tambahan sebagai penunjang. Untuk itu, beberapa hal mesti dicermati. Pertama, lakukan inventarisir daftar peralatan listrik yang mungkin bakal dibutuhkan di kamar mandi. Sekadar info, biasanya pada kamar mandi dibutuhkan listrik, selain untuk lampu penerang, juga untuk kebutuhan mengoperasikan hair dryer, peralatan pengering tangan, dan mesin pemcukur kumis/jenggot. Peralatan ini membutuhkan daya hingga sekitar 500watt.

Besar daya peralatan penting untuk diperhatikan. Wajib hukumnya untuk menyesuaikan kebutuhan daya ini dengan ketersediaan total daya listrik di rumah. Selain itu, kebutuhan daya ini juga berpengaruh terhadap ukuran dan tipe kabel yang digunakan pada instalasi listrik. Misalnya, kalau peralatan di kamar mandi membutuhkan daya sekitar 350watt, maka dapat dipergunakan kabel jenis NYM 3,2,5mm pada instalasi listrik. Selain itu, juga wajib digunakan stop kontak yang memiliki arde, sehingga dapat mencegah efek negatif dari kebocoran arus listrik pada peralatan.

Selain itu juga patut diperhatikan soal penempatan stop kontak. Pada kamar mandi berukuran kecil yang tidak mempunyai area shower yang terpisah, tempatkan saklar di luar kamar mandi. Ini dilakukan agar aman dari percikan air. Pada area kamar mandi yang juga digunakan untuk berhias, letakkan stop kontak di sana. Karena peralatan elektronik seperti hair dryer, dsb biasanya digunakan pada area ini. Jumlah titik stop kontak dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan anda. Pilihlah stop kontak berpenutup sehingga lubang kontak terlindung dari percikan air.