Minggu, 03 Juli 2011

Aplikasi Sunscreen Bebas Kilap

Ketahui cara mengenakan sunscreen tanpa kilap.

Kulit Sehat (dok. Corbis)

Untuk melindungi kulit dari sinar matahari, sunscreen adalah jawabannya. Meskipun Anda menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan, tetapi kulit tetap bisa terkena dampak negatif sinar matahari, baik saat Anda dalam mobil atau pun ruang kaca.


Jadi, mengenakan sunscreen adalah "wajib" hukumnya. Tetapi, karena formula dasar sunscreen yang merupakan pelembab, sehingga saat digunakan cenderung membuat kulit terlihat mengilap dan berminyak. Ini sebenarnya bisa Anda siasati, dengan lima trik dari Marissa Nemes, penata rias asal Miami, yang dilansir dari cosmopolitan.com.

1. Cuci muka malam hari
Penting untuk mencuci muka sebelum tidur saat malam hari. Hal ini untuk mengurangi produksi minyak berlebih di wajah saat Anda tidur. Sehingga, keesokan harinya saat mengenakan sunscreen, wajah tak terlalu mengilap.

2. Gunakan toner
Area paling berminyak di wajah adalah zona T, yaitu hidung hingga bagian atas alis. Untuk meminimalisirnya gunakan penyegar atau toner yang berbahan dasar zinc karena menyerap minyak dengan sangat baik.

3. Aplikasikan sunscreen
Setelah kulit tak terlihat berminyak, baru aplikasikan sunscreen yang mengandung sun protection formula (SPF). Aplikasikan tipis saja, karena makin tipis lapisannya, kilap akan makin berkurang. Hal terpenting adalah Anda mengaplikasikannya secara merata di kulit wajah dan juga leher.

4. Diamkan selama lima menit

Jangan langsung menggunakan bedak, karena bisa menggumpal. Diamkan dulu selama lima menit agar sunscreen menyerap dalam kulit.

5. Gunakan bedak bubuk

Terakhir gunakan bedak bubuk yang warnanya sesuai dengan kulit, menggunakan kuas besar. Wajah Anda akan terlihat segar, natural, terlindungi dari sinar matahari serta bebas kilap.