Senin, 16 Januari 2012

Jendela Rumah yang Bisa Berganti Jadi Dinding


Jendela rumah berengsel pivot.

Ruang keluarga ini punya jendela unik. Kalau dibuka jadi jendela, ditutup tampak seperti dinding. Penasaran, kan?

Pada dasarnya, jendela merupakan bagian dari dinding rumah. Ia bisa dibuka tutup, dan fungsinya untuk membantu sirkulasi penghawaan pada ruangan. Umunya jendela terbuat dari rangkaian kayu dan/atau kaca. Arah bukaannya bisa ke horisontal atau vertikal.

Pada ruang keluarga di foto, jendela dibuat agak unik. Deretan jendela itu kalau dibuka bisa membantu sistem penghawaan ruangan. Kalau ditutup, tampil bak dinding ruangan. Hal ini antara lain karena sosok jendela itu memang menyerupai dinding. Engsel pivot digunakan agar tak terlihat adanya engsel pada deretan jendela itu ketika ditutup.

Buat yang belum tahu, jendela dengan engsel pivot adalah jendela yang memiliki poros putar. Bisa di tengah, bisa juga di sisi kiri atau kanan. Gerakan buka tutup jendela berpusat pada poros ini. Persis seperti gerakan pivot pada permainan bola basket.

Tiga buah jendela pivot di ruang keluarga ini langsung berhubungan dengan taman belakang. Saat dibuka, jadilah jendela ini bukaan lebar yang menjamin sirkulasi udara berjalan lancar. Jendela ini bisa dibiarkan terbuka sepanjang pagi hingga sore. Begitu malam tiba, mau ditutup? Silakan saja. Dalam sekejap jendela pun tampil seperti tembok biasa.

Untuk membuatnya, sebenarnya bisa dengan material apa saja. Kaca berbingkai kayu, misalnya. Tapi untuk mendapatkan tampilan serupa dinding, seperti di ruang keluarga ini, gipsum bisa jadi pilihan. Tampilannya rapi, sama seperti tembok beton atau bata, tapi bobotnya ringan. Jadi, pas untuk dijadikan jendela pivot.

Tidak perlu dibingkai lagi, potong saja gypsum sesuai ukuran yang diinginkan. Bisa dicat kalau memang menginginkannya tampil berwarna cerah. Kemudian pasang poros dan pengait. Pengait berguna untuk menjaga setiap jendela dapat tertutup rapat.

Ide yang satu ini cocok buat mereka yang tidak terlalu menyukai jendela kaca berukuran besar. Terutama mereka yang malas membersihkan jendela-jendela kaca. Anda salah satu dari orang-orang ini? Boleh dicoba, nih, membuat jendela pivot berbahan gipsum.