Senin, 16 Januari 2012

Warna Monokromatis Lebih Adem di Mata


Warna Monokromatis Lebih Adem di Mata

Warna monokromatis merupakan kombinasi warna yang berasal dari satu warna, tetapi memiliki nilai dan intensitas yang berbeda. Perpaduannya seakan menghasilkan sebuah gradasi warna.

Olehkarena hanya tersusun dari satu warna saja, dalam memadukan warna monokromatis perlu diperhatikan unsur tone. Hasilnya, terciptakan gradasi dari abu-abu tua hingga abu-abu muda, seperti halnya pada kamar mandi di foto samping.

Pada beberapa desain bangunan rumah di Indonesia, warna monokromatis ini menjadi populer tatkala gaya "minimalis" sedang tren. Hingga kini, beberapa desainer ruang dan arsitek masih rajin menggunakannya.

Pada kamar mandi di foto, warna monokromatis dibuat bergradasi gelap ke terang dari area dalam ke luar. Aplikasinya antara lain pada dinding ruangan.

Untuk meniadakan kesan monoton, desainer kamar mandi, Sigit Antoro, menempatkan beberapa aksesori ruang, seperti luisan pada dinding, dan hijau tanaman pada beberapa sudut ruang. Dengan demikian terciptakan sebuah kamar mandi yang tidak hanya segar di badan, namun juga segar di mata.