Recent Posts

Senin, 16 Januari 2012

Dekorasi Susunan Kayu di Plafon Tinggi Ruang Tamu

oleh: Reni Rohmawati

Dekorasi Susunan Kayu di Plafon Tinggi Ruang Tamu

Plafon tinggi di ruang tamu atau ruang keluarga dapat didekorasi sesuai keinginan. Plafon di rumah pasangan Riswanto dan Maria Ulfah ini diberi hiasan irisan kayu jati yang disusun rapi. Mereka menempatkannya di tengah dan di beberapa bagian lain.

Di ruang tamu dengan plafon miring yang tinggi, misalnya, hiasan kayu memanjang di bagian tengah sampai lekukan bawah. Sementara di ruang keluarga berplafon lebih rendah, irisan kayu hanya dipasang di tengah-tengah ruang.

Riswanto memang kreatif. Ia memanfaatkan sisa usuk kayu jati yang dibelah-belah menjadi papan-papan kecil ukuran 5cmx1cm. Papan-papan kecil ini dipotong-potong sepanjang 60cm dan disusun dengan memakunya di atas tripleks. Setelah kelar, ia tinggal menempelkannya di plafon. Praktis saja.

Dekorasi kayu itu jadi menonjol karena berpadu dengan plafon berwarna putih. Sementara dinding oranye memberi suasana lebih ceria dan muda. Lantainya ternyata juga menarik. Lantai keramik itu diberi lis dari kayu jati di beberapa tempat.

Ruang tamu berukuran 2,8mx2,5m ini didesain simpel dengan menempatkan sofa dan meja rendah. Di satu sudutnya hanya ada meja kecil untuk pot tanaman dan aksesori. Di dindingnya pun hanya digantungi satu bingkai kaligrafi dan bingkai foto.

Ruang ini terlihat menyatu dengan ruang keluarga, yang hanya diisi karpet dan bantal-bantal untuk menonton acara televisi. Nun di belakang, terdapat ornamen dinding yang terbuat dari tempelan batu-batu alam dan keramik. Susunannya dibuat menarik.

Nah, Anda bisa merasakan, ternyata penataan simpel bisa membuat ruang te-rasa luas. Dekorasi susunan kayu jati turut memberi kontribusi agar suasana tak lantas menjadi monoton.