Senin, 16 Januari 2012

Cermati Instalasi Listrik Saat Musim Hujan

oleh: Anissa Q. Aini

Foto: iDEA/Adrian Mulya

Di tengah hujan yang turun hampir setiap saat, kemungkinan terjadinya kebakaran masih besar, lho. Terutama disebabkan oleh hubungan pendek arus listrik.

Hubungan pendek arus listrik itu dapat saja disebabkan oleh tetesan air hujan pada instalasi lisrik di rumah. Periksa semua kabel yang ada di rumah, terutama yang ada di luar rumah. Kabel lampu taman, pompa listrik, dan sebagainya. Mengapa hal ini perlu dilakukan? Kabel yang terbuka dan terkena air hujan dapat menimbulkan hubungan arus pendek. Hal ini menyebabkan sekring listrik sering turun. Akibat paling fatal: terjadi kebakaran.

Kabel yang terbuka atau terkelupas, sebaiknya segera diganti. Jangan sekadar ditambal dengan selotip, cara ini bukan solusi yang terbaik. Selotip tidak memiliki daya rekat yang kuat dan tahan lama, apalagi kalau sering terkena air.

Selain masalah kabel terkelupas, hubungan arus pendek juga bisa terjadi karena antena televisi yang tersambar petir. Maka sebaiknya cabut kabel antena televisi saat terjadi hujan deras yang disertai angin kencang dan petir. Hal ini perlu dilakukan untuk berjaga-jaga kalau antena tersambar petir, tidak langsung menyambar pesawat televisi dan merembet ke instalasi listrik di rumah.

Masih berkaitan dengan masalah listrik di musim hujan. Kalau kebetulan ada pohon besar di depan rumah, apalagi berdekatan dengan tiang dan kabel listrik, sebaiknya pangkas ranting-rantingnya. Gesekan kabel listrik dengan ranting pohon yang terlalu kuat dan sering dapat merobek plastik pembungkus kabel dan menyebabkan arus pendek pada kabel listrik. Pemeriksaan kabel listrik dan pemangkasan pohon seharusnya dilakukan secara teratur, walaupun belum memasuki musim hujan. Jadi, saat musim hujan tak perlu lagi panik dan terburu-buru memperbaiki semuanya.