Senin, 16 Januari 2012

Ruang Keluarga Segar dan Lapang Menghadap Taman

oleh: Astri Diana

Ruang Keluarga Segar dan Lapang Menghadap Taman

Ventilasi silang pada taman depan dan belakang rumah. Ruang ruang keluarga terlihat lebih lapang dan “bernyawa”.

Tengoklah ruang keluarga milik Diva Mahdi ini. Ruang berukuran 9mx6m ini difungsikan sebagai ruang tamu sekaligus ruang keluarga yang dibuat menyatu tanpa sekat.

Sebagai pemisah ruang, digunakan string curtain berbahan benang dengan warna merah yang serasi dengan warna aksen di kedua ruang tersebut. Penyekat dari kumpulan benang itu memberi kesan ringan dan transparan.

Selain minim penyekat, Ary Setyo Nugroho, S.Sn, sang desainer, juga membuat bukaan menghadap taman yang berada di depan dan belakang rumah. Jadi, begitu memasuki rumah, pandangan mata akan menelusuri ruang hingga ke taman belakang. Selain sebagai pertukaran udara, ventilasi silang itu membuat kedua ruang semakin terlihat lapang dan segar.

Kedua ruang itu didominasi warna monokrom, seperti putih dan cokelat. Di ruang tamu, furniturnya proposional dengan penempatan dua kursi bulat warna merah dan bench yang dilengkapi storage sebagai tempat penyimpanan. Lalu, untuk menyegarkan suasana ruang yang kaku, dibuat kolam ikan built-in yang gemericik airnya membuat suasana tenang dan nyaman.

Di sebelahnya, ruang keluarga juga didesain sesederhana mungkin dengan penggunaan sofa bentuk “L” tanpa coffee table . Kabinet dan back panel TV difungsikan sebagai tempat penyimpanan dan display untuk memajang artwork . Sederhana, tapi tampil harmonis.