Minggu, 12 Februari 2012

Murah dan Mudah Rawat Rambut




6 Resep perawatan yang bisa dilakukan sendiri di rumah.
Foto: Shutterstock
Mencari sarapan lezat dan sehat? Telur, yogurt dan madu pasti selalu masuk dalam daftar pilihan teratas. Ternyata tidak hanya baik bagi tubuh, asupan alami tersebut juga bisa menjadi bahan-bahan perawatan rambut yang baik. Tapi mereka tidak sendirian, terdapat beberapa ‘rahasia alam’ lainnya yang dapat digunakan untuk membuat mahkota kita menjadi indah dan sehat. Plus, sesuai dengan jenis dan kebutuhannya.
Untuk semua jenis rambut.
“Telur mentah adalah juaranya,” ujar Janice Cox, penulis buku Natural Beauty at Home. Kuning telur sangat kaya akan lemak dan protein yang bisa menjadi pelembab alami. Sedangkan putih telur mengandung enzim yang bertugas sebagai penumpas bakteri, mampu melenyapkan segala minyak yang tidak diinginkan.
Cara :
Untuk rambut normal, kita bisa memelihara rambut dengan menggunakan telur secara utuh. Jika kita memiliki rambut yang berminyak, cukup gunakan telur putih saja. Sedangkan untuk melembabkan rambut yang rusak atau kering, Cox menyarankan agar menggunakan telur kuningnya saja.
Gunakan ½ cangkir campuran telur yang pas dengan jenis rambut kita, lalu aplikasikan pada rambut lembab dan bersih. Jika ½ cangkir belum cukup menutupi seluruh kulit kepala dan rambut, kita bisa menambahkannya lagi sesuai dengan kebutuhan. Lalu diamkan selama 20 menit, bilas dengan air dingin dan keramas sekali lagi dengan sampo. Perawatan menggunakan telur utuh atau kuningnya saja bisa dilakukan sekali sebulan, dan perawatan dengan putih telur bisa diaplikasikan setiap 2 minggu sekali.
Untuk rambut kusam.
Penggunaan berbagai produk penataan rambut, termasuk polusi, bisa menghilangkan kelembaban rambut dan membuatnya terlihat kusam. Namun, bahan-bahan olahan susu, seperti yogurt tanpa rasa (plain yogurt), mampu membantu memperbaiki kerusakan yang terjadi. “Asam laktat secara perlahan akan melenyapkan segala kotoran yang menempel, sedangkan kandungan lemak susu bertugas melembabkan,” jelas Lisa Belkin, penulis buku The Cosmetic Cookbook.
Cara :
Aplikasikan yogurt tanpa rasa pada rambut yang lembab, lalu lakukan pemijatan lembut pada kulit kepala. Diamkan selama 20 menit. Kemudian cuci dengan menggunakan air hangat yang dilanjutkan dengan air dingin. Kemudian keramas dengan menggunakan sampo seperti biasa. Perawatan ini bisa dilakukan setiap minggu sekali.
Untuk kulit kepala gatal.
Atasi rasa gatal akibat ketombe yang biasa dipicu oleh pola diet yang salah, stres, atau cuaca, dengan ramuan campuran dari jus lemon dengan minyak zaitun.”Asam dari jus lemon akan membantu menghilangkan kulit kering dan rasa gatal pada kulit kepala, sementara minyak zaitun akan melembabkan kulit ‘baru’ di kepala,” tambah Cox.
Cara :
Campurkan 2 sendok makan jus lemon segar, 2 sendok makan minyak zaitun, dan 2 sendok makan air. Lakukan pemijatan pada kulit kepala dengan campuran tadi. Diamkan selama 20 menit, lalu cuci dan keramas dengan sampo seperti biasa. Kita bisa melakukan perawatan ini satu minggu sekali.
Untuk rambut kering dan rusak.
Paparan sinar matahari atau penggunaan perkakas penataan rambut terlalu sering bisa membuat rambut dehidrasi, dan pemanis alami ini bisa menjadi solusinya. “Madu adalah bahan alami yang akan memberikan dan mengunci kelembaban,” kata Cox.
Cara :
Pada rambut yang lemab dan bersih, lakukan pemijatan lembut menggunakan ½ cangkir madu. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Kita juga bisa menambahkan 1 atau 2 sendok makan minyak zaitun untuk mencairkan madu agar lebih mudah diaplikasikan. Untuk kerusakan rambut yang parah, kita bisa mencampurkan madu dengan 1-2 sendok makan avokad atau kuning telur. Tambahan bahan kaya protein ini akan membantu mengembalikan keindahan rambut yang diserang oleh sinar UV. Perawatan ini bisa dilakukan sekali setiap bulannya.
Untuk rambut berminyak.
Belkin menyarankan agar kita bisa menggunakan tepung jagung untuk mengontrol minyak berlebih.
Cara :
Tuangkan 1 sendok makan tepung jagung ke dalam salt shaker yang kosong, dan taburkan pada rambut dan kulit kepala yang kering. Setelah didiamkan selama 10 menit, gunakan sisir untuk membersihkan tepung yang ada pada kepala kita. Perawatan ini bisa diaplikasiakan setiap hari.
Untuk rambut frizzy atau sulit diatur.
Para ahli yakin kalau avokad tidak hanya mampu memperbaiki rambut rusak saja. Kandungan minyak dan protein pada avokad merupakan kombinasi nutrisi yang akan melembutkan serta menjinakkan rambut yang sulit diatur, jelas Cox.
Cara :
Hancurkan ½ avokad ke dalam mangkuk hingga halus, aplikasikan pada rambut lembab dan bersih, Pijat halus. Diamkan selama 15 menit sebelum kita membilasnya dengan air. Untuk meningkatkan kekuatan pelembabannya, kita bisa menambahkan kuning telur atau mayones pada avokad yang sudah dihaluskan. Perawatan ini bisa dilakukan setiap 2 minggu sekali.