Senin, 27 Februari 2012

Tips Menata Beranda Rumah

Beranda rumah merupakan sebuah ruang terbuka semi-outdoor. Letaknya bisa di depan, samping atau di belakang rumah. Biasanya beranda menghadap ke sebuah ruang terbuka, sehingga aktivitas di beranda memiliki orientasi ke ruang terbuka tersebut. Apa saja yang dibutuhkan untuk mendapatkan beranda yang nyaman? Berikut beberapa tipsnya:

Karena beranda merupakan ruang semi-outdoor, maka pemilihan material dan perabotannya juga harus disesuaikan dengan sifat ruang tersebut. Permukaan lantai usahakan tidak licin, karena sewaktu-waktu beranda bisa terkena tampias hujan. Batu alam yang diberi lapisan kedap air dan tahan lumut dapat menjadi sebuah alternatif untuk memberikan kesan lantai yang alami. Namun permukaan yang tidak licin lebih mengundang debu menempel, sehingga perlu untuk dibersihkan setiap hari.
Lapisan penutup dinding rumah juga akan lebih menarik apabila berupa susunan batu alam yang memiliki ragam, warna dan pola yang sangat beragam. Dinding batu alam dapat menjadi sebuah aksen dan elemen estetika. Hindari meletakkan lukisan di area beranda, karena perubahan temperatur udara siang dan malam yang ekstrim dapat merusak lukisan. Apabila memiliki langit-langit, material alami seperti kayu, bambu dan anyaman bambu akan lebih menarik dibandingkan dengan material buatan.
Pililh perabotan yang tahan cuaca, terutama apabila terkena sinar matahari. Perabotan besi tempa dan besi cor cukup baik untuk diletakkan di beranda. Namun karena besi cukup berat, agak kurang disukai, sehinggaa pilihan perabot kayu, rotan dan bambu lebih disukai.
Untuk kenyamanan duduk, kursi-kursi perlu dilengkapi bantalan. Gunakan bantalan lepas, sehingga dapat dilepas dan dipasang dengan mudah. Ruang yang semi terbuka akan membuat lapisan penutup bantalan cepat kotor, sehingga apabila bantalan tersebut kotor akan mudah untuk dilepaskan dan dicuci. Selain untuk kemudahan perawatan, bantalan sebaiknya dilepas dan disimpan di dalam rumah pada malam hari, agar tidak dikotori oleh hewan-hewan.
Pencahayaan buatan tidak langsung akan lebih menarik diterapkan di beranda, karena sifatnya yang semi-outdoor. Cahaya tambahan untuk kebutuhan membaca bisa didapat dengan menempatkan lampu meja.