Recent Posts

Rabu, 15 Februari 2012

Membangun Kamar Mandi yang Sehat dan Nyaman


Bathroom 
Apakah anda ingin atau mungkin sedang membangun kamar mandi? Apa yang pertama kali terlintas di benak Anda ketika hendak membangun atau merenovasi kamar mandi? Yang pertama, dan mutlak, adalah jaminan atas privacy dan kesehatan. Konstruksi kamar mandi pun harus kokoh. Kedua, kenyamanan ketika anda berada didalamnya. Ketiga, akses menuju kamar mandi itu harus mudah dijangkau oleh seluruh penghuni rumah.
Hal-hal tersebut merupakan kriteria pokok yang umum. Masih terdapat beberapa ukuran tambahan, misalnya perangkat apa yang dipakai di dalam kamar mandi, sistem lalu lintas udara, corak lantai dan dinding, warna kamar mandi, aksesori, dan sebagainya. Agar kamar mandi Anda terasa nyaman dan aman, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:
1. Pastikan sirkulasi udara di dalam kamar mandi lancar, sehingga tidak terjebak di dalam. Selain itu, ventilasi kamar mandi sebaiknya diarahkan ke luar ruangan (hindari ke dalam ruangan).
2. Untuk aksesori, dipilih yang lebih menawan. Untuk pintu dan kaca di kamar mandi, pilihlah yang lebih bermutu. Pilihan pada kualitas pada akhirnya akan membuat Anda puas karena kusen dan daun pintunya tidak mudah digerogoti rayap. Kacanya pun amat variatif dan tidak pecah.
Shower Cabin
3. Letakkan dua kembang atau wangi-wangian di sudut kamar mandi biar muncul suasana segar.
Bathroom3
4. Untuk kamar mandi kecil, cahaya yang digunakan harus cukup terang memberi kesan bersih. Sementara untuk kamar mandi yang lebih luas, pencahayaan bisa disesuaikan dengan keinginan.
Bathroom2
5. Gunakan keramik untuk dinding yang permukaannya licin, supaya mudah dibersihkan dan tidak menangkap kotoran. Sedangkan keramik untuk lantai lebih kasar. Hindari penggunaan warna kasar dan suram untuk menghindari kesan kotor dan gelap.
6. Untuk keamanan manula dan anak kecil, sebaiknya pasang railing atau pegangan di dekat shower.
7. Perhatikan kemiringan lantai kamar mandi, minimal sebesar 2 persen ke arah pembuangan air (floor drain), agar air tidak tergenang di dalam kamar mandi.
8. Hindari penggunaan terlalu sering memakai bahan asam untuk membersihkan lantai kamar mandi demi kelestarian lingkungan.
Jika beberapa kriteria tambahan ini dapat dipenuhi, rasanya Anda dapat mempunyai kamar mandi yang cukup nyaman.