Minggu, 12 Februari 2012

Ketika Rambut Berteman dengan si Panas!

Solusi tepat penggunaan alat penataan rambut.
Ketika Rambut Berteman dengan si Panas!

Termasuk para pecandu catokan atau hair dryer? Jika iya, berikut yang harus kita waspadai.
Memang benar penggunaan alat penataan rambut, seperti hair dryer, catokan lurus atau keriting,mampu membuat mahkota kita terlihat rapi dan indah. Namun, pemakaian yang terlalu sering akan membuat rambut kita bertemu dengan masalah-masalah rambut seperti bercabang, kering dan kusam.
Mengapa? Karena perkakas “panas” tersebut mampu menghilangkan kelembaban rambut kita. Paparan panas akan membuat lapisan terluar rambut terbuka dan melepaskan kelembaban yang ada di dalam rambut. Hasilnya, rambut menjadi kering dan rapuh. Meskipun kerusakan seperti rambut bercabang, adalah permasalahan yang permanen. Tapi kita tetap memiliki beberapa cara untuk memperbaiki dan meminimalisasikan kerusakan tersebut.
# Alat penataan rambut yang aman.
Batasi umur pemakaian alat-alat tersebut tidak lebih dari 5 tahun. Seiring dengan bertambah umur, fungsi pengaturan suhu pada “senjata cantik” kita juga akan mengalami penurunan. Untuk meminimalkan kerusakan, pilihlah catokan lurus atau keriting yang berlapiskan keramik.
# Produk pelindung rambut.
Sebelum menggunakan alat-alat penataan rambut, biasakan untuk mengaplikasikan conditioner atau spray pelindung rambut terlebih dahulu. Produk-produk ini akan meresap masuk ke dalam rambut dan menguatkan kutikula, sehingga mampu mencegah terjadinya penguapan keluar dari batang rambut kita. Dan risiko kerusakan rambutpun bisa diturunkan.
# Aturan penggunaan.
Perkakas panas tidak selamanya merusak rambut, namun penggunaan yang salah akan memperburuk kondisi yang ada. Pastikan, kita selalu membaca petujuk penggunaan dengan benar. Hindari juga melakukan pengaturan suhu yang terlalu tinggi saat digunakan. Aturan paling umum, semakin tebal dan kasar rambut kita, maka semakin tinggi pula temperatur yang harus kita pakai. Sebaliknya, untuk rambut yang tipis dan halus, kita tak perlu mengatur suhu yang terlalu tinggi.
Pastikan rambut kita sudah dalam kondisi kering sekitar 80-90% (tanpa menggunakan hair dryer) , lalu tambahkan beberapa menit lagi sebelum memutuskan menggunakan alat-alat panas tersebut. Mengapa? Sebab kondisi rambut yang masih basah akan membuatnya lebih rentan rusak.
Menjadi wanita yang selalu tampil menawan itu tidak salah. Asalkan kita tahu cara penggunaan dan penanganan sejata cantik kita dengan benar. Lalu, hilangkan istilah beauty is pain dalam kamus cantik kita.