Senin, 27 Februari 2012

Membuat Kamar Mandi Terasa Nyaman


Kamar mandi tidak perlu besar,yang penting sehat dan bersih. Kamar mandi apik dan bersih membuat kita nyaman. Kegiatan membersihkan diri pun semakin menyehatkan serta menyenangkan. Soal ukuran, tergantung keinginan serta ketersediaan lahan anda.
Beberapa macam cara untuk merancang kamar mandi pada hunian anda antara lain adalah:
  • Dengan menetukan kebiasaan atau gaya mandi anda, jangan ikut-ikutan.
  • Pilih tema desain kamar mandi anda sesuai dengan gaya mandi anda.
  • Kenali ukuran ruangan serta ketersediaan biaya anda.
  • Jika ruangan terbatas, pilih sanitari sesuai skala prioritas.
  • Dan yang terakhir adalah perhatikan segi keamanan pengguna.
Untuk sebagian orang, kegiatan membersihkan diri adalah salah satu kegiatan favorit yang sering dilakukan. Akan tetapi tak sedikit diantara kita menganggap kamar mandi adalah ruang yang kotor, sehingga kita sering risih berlama-lama didalamnya. Oleh karenanya, kamar mandi mesti ditempatkan pada sudut yang tersembunyi didalam rumah. Kalau perlu pada lahan yang agak jauh dari ruang utama.
Namun kini ada pandangan lain yang menyebutkan bahwa kamar mandi ternyata juga punya hak untuk berada didalam rumah. Dalam kondisi tertentu bahkan bias dipergunakan sebagai sarana untuk mempercantik hunian anda. Siapa tahu malah menjadi point of interest pada hunian anda.
Sebetulnya tidak terlalu sulit membuat sebuah kamar mandi menjadi elemen paling menarik pada hunian anda. Hal utama yang harus dilakukan adalah mendesain sedemikian rupa sehingga terlihat apik dan sehat tetapi teteap tidak meninggalkan unsur kenyamanan jika diperguakan. Selanjutnya adalah dengan menjaganya agar tetap bersih.
Cara untuk menjaga kamar mandi agar tetap sehat tidaklah terlalu sulit. Karena sumber penyakit dating dari ruangan yang kotor dan berbau tidak sedap, maka bersihkanlah kamar mandi anda secara berkala paling tidak satu minggu sekali. Perhatikanlah hal-hal berikut sewaktu membersihkan kamar mandi anda:
  • Bau tidak sedap bias berasal dari saluran pembuangan kamar mandi anda yang tersumbat. Jika saluran ini mampet, maka bau busuk akan tercium. Kamar mandipun menjadi tidak sehat lagi. Untuk membersihkan saluran air limbah kamar mandi yang mampet, pakailah soda api atau penyedot kotoran.
  • Bila kloset anda yang tersumbat, segera perbaiki. Sebagai pertolongan pertama soda api layak untuk dipergunakan. Bila permasalahan berlanjut, maka cari titik utama penyebabnya karena kloset tersumbat juga bias akibat septictank penuh.
  • Pastikan udara mengalir secara lancer. Periksalah lubang jendela anda, vebtilasi atau exhaust fan. Pergantian udara lancar maka ruangan akan lebih sehat.
  • Kuras serta bersihkan bak mandi berikut dinding serta lantainya. Bila perlu pakailah zat pembersihyang sesuai dengan karakter material. Hindari menggunakan zat pembersih yang justru “memakan” material kamar mandi anda. Memakai zat pembersih yang salah akan merusak material kamar mandi anda dan membuatnya menjadi tidak sehat.