Senin, 27 Februari 2012

Menanam, Merawat Vanda Douglas


Miss Joaquim. seorang wanita yang tinggal di Singapura, terkenal karena kesuksesannya sebagai ahli botani, Ia berhasil menyilangkan Vanda hookeriana Rchb. f., dan V. teres th 1893.
Vanda Miss Joaquim telah berulang kali di perbanyak. Beberapa bibit yang dihasilkan berbunga sangat besar. Tanaman tersebut terbukti mengandung dua kali jumlah DNA, polyploid. Klon tetraploid dari Vanda Miss Joaquim semuanya telah diberi nama varietas seperti Atherton, Juliet, Hula Girl, Woodlawn dan Douglas.
Singapura, Malaysia dan hybridizers Hawaii telah memperbanyak  pohon keluarga Vanda Miss Joaquim.
Sejauh ini, sudah ada sekitar 177 generasi kedua, 119 generasi ketiga, 43 generasi keempat dan 13 keturunan generasi kelima.

Di Indonesia, Varian Douglas dari Miss Joaquim banyak ditanam sebagai bunga potong (: kita sebut vanda douglas sebagai varian dari miss joaquim 'douglas'. Sampai saat ini belum ada deskripsi mengenai vanda douglas). Bentuk malai yang kokoh dan bunga yang besar sangat populer dikalangan petani anggrek. Bagaimana menanam dan merawat anggrek tanah berdaun silinder ini? Berikut tehnik yang dilakukan petani anggrek bunga potong di Desa Sodong kecamatan Mijen Kota Semarang.


Pilih bibit vanda dengan tinggi sekitar 60 cm. Tanam dengan jarak bedengan 80 cm.

Gunakan media Sabut kelapa, Sekam padi mentah dan Pupuk kandang dengan perbandingan 3:1:1


Gunakan pupuk majemuk seimbang dan semprotkan seminggu satu kali sampai muncul bunga pertama (kurang lebih 6 bulan)

Bila sudah berbunga, lanjutkan dengan pupuk 'P dan K' tinggi. Vanda Douglas akan selalu berbunga dengan kondisi sinar matahari penuh.

Sejauh ini, sudah ada sekitar 177 generasi kedua, 119 generasi ketiga, 43 generasi keempat dan 13 keturunan generasi kelima. (Apakah Vanda Douglas yang kita kenal keturunan dari Miss Joaquim 'douglas' ?)

Terdaftar pada tahun 1893