Minggu, 12 Februari 2012

Aturan Merawat Rambut

6 panduan mewujudkan rambut indah dan sehat.
Aturan Merawat Rambut

Tidak hanya negara dan lalu lintas saja yang butuh aturan, memelihara rambut juga memiliki aturannya sendiri. Mau tahu?
Foto : Dreamstime Agency/Dreamstime.com
Aturan merawat rambut yang baik tidak harus selalu identikan dengan mahal, rumit dan banyak menyita waktu. Cukup ikuti 6 aturan berikut ini sebagai panduan kita untuk mewujudkan rambut idaman:
Aturan #1 Mulailah dengan potongan yang tepat.
Tidak hanya merapikan, pemotongan rambut yang tepat bisa membuat semua jenis dan tekstur rambut terlihat indah. Salon yang baik akan memberikan kita pemotongan rambut yang “awet”  dan  masih terlihat bagus seiring dengan pertumbuhan rambut itu sendiri. Dan itu berarti, kita bisa lebih irit dengan tidak perlu sering-sering ke salon.
Dibanding hanya berdiam diri atau membaca majalah ketika rambut kita dipotong, lebih baik manfaatkan waktu untuk bertanya hal-hal mengenai perawatan rambut kepada penata rambut. Dapatkan informasi berharga mengenai produk perawatan dan teknik penataan rambut yang pas dengan jenis rambut kita.

Aturan #2 Jaga agar tetap bersih dan lembut.

Penggunaan sampo dan kondisioner secara rutin merupakan kebiasaan yang dapat menyehatkan rambut.  Tapi bukan berarti kita bebas menggunakan sampo dan kondisioner, pilihlah produk perawatan rambut yang diformulasikan khusus untuk jenis rambut kita. Lalu, perhatikan juga intensitas pemakaian yang dianjurkan bagi kondisi rambut kita. Contoh, untuk rambut kering kita dianjurkan untuk rutin mengaplikasikan kondisioner setiap selesai keramas, dan hindarilah kebiasaan mencuci rambut setiap hari. Sebab kebiasaan ini akan membuat rambut semakin kering.
Aturan #3 Gunakan produk dengan hati-hati. Ketika digunakan secara benar,  produk perawatan rambut akan mampu meningkatkan performa dan melindungi rambut kita. Sebaliknya, pemakaian yang salah hanya akan menimbulkan berbagai masalah rambut, seperti ketombe, kering, berminyak, atau lepek. Selalu perhatikan label produk rambut yang digunakan dengan hati-hati, dan mulailah dengan kuantitas sedikit terlebih dahulu. Hal ini untuk mengantisipasi adanya ketidakcocokan antara rambut dan kulit kepala dengan produk yang kita gunakan.

Aturan #4 Alami memang lebih baik.

Jangan malah sebaliknya. Mulai dari penggunaan perkakas “panas”, seperti hairdryer, catokan lurus atau kering, sampai persinggungan dengan bahan-bahan kimia dari produk pengeriting, pelurus, dan pewarna rambut, yang akan berkontribusi pada kerusakan rambut yang kita akan alami. Sebisa mungkin, pilihlah yang “alami” dan rambut akan berterima kasih pada kita.
Aturan #5 Rutin melakukan trimming.
Trimming merupakan salah satu perawatan rambut rutin yang dianjurkan oleh para ahli. Bagian ujung rambut yang rusak dan bercabang jika dibiarkan, maka akan terus menjalar ke bagian atas batang rambut serta membuat kerusakan menjadi lebih parah. Rata-rata pertumbuhan rambut kita adalah sekitar 3 cm per 4-6 bulan. Rentan waktu itulah yang menjadi “pengingat” kita untuk segera melakukan trimming secara rutin. Semakin sehat rambut kita, semakin sedikit pula trimming yang harus kita lakukan. Jadi, jadikan ujung rambut kita sinyal untuk menentukan seberapa sehatkah rambut kita.

Aturan #6 Memiliki pola makan yang baik.

Mengonsumsi diet seimbang yang mengandung vitamin dan mineral dari buah dan sayuran, sangatlah penting dalam mewujudkan rambut yang sehat. Asupan protein, seperti ikan, unggas, dan daging sapi, mampu membuat rambut kita lebih kuat dan sehat. Sedangkan lemak Omega-3 yang ditemukan pada ikan salmon, kacang-kacangan, dan minyak flaxseed akan memberikan kilau alami pada mahkota kita. Masukkan bahan-bahan makanan tadi ke dalam menu harian kita, dan menikmatilah hasilnya.
Sebuah keteraturan bisa terwujud dikarenakan adanya sebuah kepatuhan dalam menjalani aturan-aturan yang ada.  Sama hal dengan perawatan rambut, kita wajib patuh terlebih dahulu kepada 6 aturan penting perawatan rambut yang di atas. Dan raihlah mahkota yang sehat, indah dan mudah diatur.