Minggu, 12 Februari 2012

Dari Rapuh Menjadi Utuh


Rambut yang rapuh akan selalu menunjukkan tanda-tanda seperti, kusam, mudah patah, dan bercabang. Buruknya asupan nutrisi dan perawatan rambut yang tidak tepat memang menjadi biang keladi kerusakan serta hilangnya kemilau cahaya rambut kita. Selain itu, paparan zat kimia dari proses pewarnaan rambut, bonding atau pelurusan, dan pengeritingan rambut juga berkontribusi dalam mempercepat proses perusakan rambut.


Berikut 5 langkah yang bisa kita tempuh untuk menghentikan kerusakan rambut :

Langkah #1
Aplikasikan masker rambut alami kaya protein 1-2 kali seminggu. Pilihan resep masker alami rambut terbaik untuk mengatasi masalah rambut rapuh, seperti ½ buah alpukat yang sudah dihancurkan, 1 butir telur, atau 1 pak bubuk gelatin yang dilarutkan dengan ¼ cangkir air hangat. Gunakan satu diantara 3 ramuan di atas pada rambut kita, diamkan selama 30 menit dan bilas rambut dengan air dingin hingga bersih. Protein berfungsi sebagai penguat dan pencegah kerusakan rambut.
Langkah #2 Setelah keramas dan mengaplikasikan kondisioner seperti biasa, biasakan untuk membilas rambut dengan air dingin. Mengapa? Sebab air dingin akan menutup kutikula rambut dan mencegah rambut bercabang serta patah.
Langkah #3 Sisir rambut kita pada pagi dan malam hari sebelum tidur dengan menggunakan sisir bergigi besar. Rapikan rambut yang kusut dengan mulai menyisir secara lembut dari bagian ujung rambut. Untuk mencegah kerusakan rambut, terutama pada rambut yang kusut, hindari untuk menyisir mahkota kita dari bagian akar.

Langkah #4
Lakukan pemijatan pada kulit kepala dengan jari-jari tangan kita sekitar 5 menit setiap hari. Peningkatan sirkulasi darah pada kulit kepala akan membantu pertumbuhan rambut yang lebih kuat dan sehat.

Langkah #5
Berikan tubuh kita asupan seimbang dengan nutrisi yang tepat, termasuk buah, sayur dan asam lemak Omega-3 (bisa ditemukan pada ikan dan flaxseed). Pemberian vitamin dan mineral yang cukup mampu menguatkan rambut dan mencegahnya dari kerusakan.