Senin, 27 Februari 2012

Area Makan dan Pantry yang Nyaman Sekaligus Sehat

Area Makan dan Pantry yang Nyaman Sekaligus Sehat
Memperhatikan kualitas udara dan bergaya hidup bersih. Itulah dua cara utama agar pantry tetap sehat, nyaman, dan bebas debu.
Ruang makan dan pantry  adalah bagian rumah yang membutuhkan perhatian khusus dalam perawatannya, terutama yang terkait dengan kebersihan. Risiko untuk kotor bisa disebabkan oleh tumpahan dari makanan, tetesan air yang menempel di atas meja makan, atau noda-noda dari peralatan masak. Hal-hal tersebut berpotensi menurunkan kualitas meja makan dan membuatnya rentan rusak.
Sama halnya dengan ruang makan, pantry  memiliki tingkat rentan kotor yang cukup tinggi, terlebih lagi jika jarang dibersihkan. Meskipun konsep pantry  di Indonesia lebih dikenal sebagai dapur bersih, bukan berarti area ini bebas dari risiko kotor. Padahal ruangan ini bisa menjadi tempat yang menjadi daya tarik ruangan di samping untuk sekadar menghangatkan dan menyajikan makanan.
Lalu, apa saja yang harus dilakukan agar area makan dan pantry  tetap rapi dan resik? Selain pemeliharaan yang baik dan teratur, penempatan furnitur secara tepat, Anda harus memperhatikan sirkulasi udara dapur, khususnya pemasangan AC yang harus ditempatkan dengan pas.
Ingin Area Makan dan Pantry  Bebas Kuman dan Debu? Ini Tipsnya!
  1. Sirkulasi udara adalah salah satu elemen penting untuk menjaga hunian tetap bersih. Penempatan meja makan di sudut ruangan bisa mengundang debu karena adanya penumpukan kotoran pada satu sudut. Oleh karenanya, posisikan meja makan di area yang mendapatkan sirkulasi udara  maksimal.
  2. Bersihkan sisa-sisa makanan, bumbu dapur, dan air secara berkala setelah selesai makan. Hal ini dilakukan untuk menghindari berkumpulnya koloni semut di meja makan dan sekitar kabinet.
  3. Pastikan setiap item yang disimpan di kabinet jelas terlihat dan mudah diakses. Tutup rapat wadah dan selalu cek tanggal kadaluarsa. Sebisa mungkin menaruh bahan makanan yang tanggal kadaluarsa akan habis di bagian depan kabinet.
  4. Jangan lupa untuk selalu mengecek lubang udara di kabinet bawah tempat penyimpanan gas. Pastikan area tersebut tidak terlalu lembap karena kelembapan bisa menyebabkan karat pada pipa gas yang bisa membayakan keselamatan penghuni rumah.
  5. Ruangan yang sehat sangat bergantung dari aliran udara yang baik. Ciptakan aliran udara yang sehat dengan menempatkan ventilasi udara atau pendingin ruangan di area makan dan pantry .
  6. Sebisa mungkin jauhkan pendingin udara dengan material yang berisiko menghasilkan debu, seperti sudut-sudut rumah yang tidak tertutup lapisan cat atau coating . Hindari pula peletakan AC di dekat tirai yang rentan menyimpan debu.
  7. Lakukan pembersihan area makan dan pantry  secara teratur dan berkala.