Senin, 13 Februari 2012

Pilih Sampo yang Benar




Ketombe adalah masalah rambut yang paling sering dikeluhkan. Padahal, masalah ketombe sebenarnya bisa diatasi dengan mudah dan cepat
Caranya? Simpel. Kuasai strategi mengendalikan ketombe sekaligus memilih sampo yang tepat untuk rambut.
Masih ingat iklan sampo antiketombe yang memperlihatkan serpihan putih yang jatuh di atas baju berwarna hitam? Hal pertama yang paling “mengagumkan” dari ketombe adalah: ternyata masing-masing orang memilikinya. Pasalnya, ketombe muncul karena proses alami, yaitu saat sel-sel kulit kepala mati dan diganti dengan yang baru.
Memang adabeberapa orang yang mengalami ketombe karena sebab khusus. Misalnya, akibat proses regenerasai sel kulit kepala terlalu sering. Faktor lain: kondisi rambut berminyak, jarang keramas, stres, dan problem hormonal.
Tapi, tenang. Ketombe tetap bisa dijinakkan. Kunci utamanya adalah temukan sampo yang tepat, tanpa harus terus lengket dengan sampo tersebut.
Artinya, jangan hanya terpaku dengan satu produk sampo anti-ketombe saja. “Terus lakukan uji coba sampo mana yang berkhasiat dan cocok untuk Anda”, kata ahli dermatologi Jerome Litt, MD, asisten profesor dermatologi di Case Western Reserve Univeristy.
Pasalnya, apabila kita terus memakai sampo yang itu-itu saja, lama kelamaan kulit kepala akan menjadi kebal terhadap bahan aktif yang terdapat di dalam sampo tersebut. Jadi, lakukan perubahan secara berkala, dengan memilih jenis sampo baru yang memiliki formula yang berbeda.
Rencanakan untuk menjelajahi beragam jenis sampo di rak supermarket. Setelah ketombe hilang, rambut cantik alami dan bebas ketombe pun akan bisa kita miliki.