Minggu, 12 Februari 2012

5 Tanda Rambut Dalam Keadaan Bahaya


Rontok, bercabang, dan kering merupakan masalah-masalah rambut yang umum kita jumpai. Sebelum menunjuk kesalahan pada produk perawatan rambut yang kita pakai, coba ukur dulu seberapa sehat rambut kita.

Rambut yang rusak, kasar dan kering pasti akan membuat rambut kita semakin sulit diatur dan tidak enak dipandang. Dan parahnya kita sering tidak sadar melakukan perbuatan-perbuatan keji pada rambut, seperti proses pewarnaan, penggunaan catokan dan hairdryer, serta perbuatan “perusak” lainnya, Jangan biarkan hal ini terjadi terlalu lama dengan mengenali 5 indikator rambut rusak berikut ini untuk langkah penangganan yang lebih cepat dan tepat.
1. Rambut rusak tak akan terlihat bersinar dan cenderung kusam. Lakukan deep conditioning. Jika rambut masih terlihat kusam maka ini bisa menjadi salah satu pertanda bahwa rambut kita telah rusak dan batangnya sudah tidak selembut seperti dulu.
2. Periksalah teksur rambut dengan cara memegang rambut kita dari bagian atas hingga ujung rambut menggunakan jari-jari. Apa yang kita rasakan? Apakah lembut atau kasar? Kondisi rambut yang kering dan rusak akan ditandai dengan batang rambut kasar, tidak rata plus bercabang.
3. Rambut yang sehat biasanya lembut, lembab, dan mudah diatur. Itu mengapa akan mudah sekali disisir. Tapi jika yang terjadi kebalikannya, yaitu rambut kita sering kusut serta sulit disisir, maka sudah dapat dipastikan rambut kita mengalami kerusakan.
4. Ambil senggam rambut kita dengan tangan dan perhatikan ujungnya. Apakah ada yang bercabang? Rambut yang kering dan perawatan rambut yang buruk adalah penyebab utamanya. Tidak ada cara lain untuk memperbaiki kondisi ini selain memotongnya. Jadi, semakin cepat kita tahu, semakin pendek pula rambut rusak kita yang harus dipotong.
5. Amati sisir, lantai dan kamar mandi kita, apakah banyak rambut kita yang tercecer disana? Kerontokan dalam jumlah yang banyak bisa menjadi tanda rambut kita telah rusak. Karena rambut yang tidak “prima” akan mudah rontok.