Recent Posts

Senin, 27 Februari 2012

Warna cat yg cocok untuk ruang tamu



Amati keserasian warna dinding ruangan Anda khususnya ruang tamu dengan elemen interior lainnya. Jika merasa belum serasi, ada baiknya mulai memikirkan untuk mengubah suasana ruang kita dengan mengganti warna ruangan dengan menggunakan cat dinding..
Mengganti warna pada dinding merupakan solusi yang baik dan cepat, untuk mendapatkan suasana baru terhadap ruangan. Pada umumnya penghuni ingin warna favoritnya menempel di dinding namun tanpa pikir panjang, langsung membeli dan mengecat. Alhasil, terkadang suasana ruangan tidak tercapai sesuai dengan harapan.
Pemilihan warna cat yang keliru atau asal sesuai selera dapat menyebabkan suasana yang diharapkan tidak tercipta. Ruang bisa jadi terlihat lebih sempit, ramai, atau bahkan suram. Agar efek negatif mengubah warna ruang itu tak terjadi, lakukan perencanaan awal dan persiapkan dengan matang. Meskipun hanya sedikit, dalam hal ini mengubah cat dinding bisa jadi hal yang fatal jika kita salah pilih.
Tahap awal lakukan observasi akan kebutuhan dan skala ruang. Difungsikan sebagai apa ruang kita itu nantinya. Jika perlu, buat sketsa berbentuk gambar perspektif ruangan. Buat simulasi kecil, jika dinding ruang dilapisi warna-warna tertentu.
Sandingkan dengan warna-warna furnitur yang telah tersedia di ruangan. Temukan kombinasi yang paling tepat. Lebih baik lagi jika menggunakan 3D, hasilnya akan lebih terasa. Tapi itupun kalau Anda bisa menggunakan program 3D.
Warna cat dapat mempengaruhi Mood seseorang, maka sangat disarankan untuk mengenali karakter warna yang akan dipilih dan disesuaikan dengan ruangan rumah Anda.
Sebagai contoh, warna putih cocok untuk ruang yang sempit, karena putih punya efek psikologis netral. Warna putih cenderung memberikan kesan bersih dan lebar. Begitu pula dengan warna cat polos lain. Selain tidak terkesan sesak, nuansanya juga indah.
Anda dapat memadukan warna yang lebih muda pada salah satu dinding. Anda juga bisa memberikan aksentuasi pada ruangan, yaitu dengan menghadirkan warna mencolok.
Hati-hati terhadap aksen, karena kehadirannya cuma sebagian kecil untuk mempercantik ruangan. Dan akan lebih sejuk lagi jika ada cahaya alami yang cukup masuk kedalam ruangan sehingga ruang menjadi lebih sejuk dan hidup. Ragam warna dapat terlihat lebih alami jika terkena sorot cahaya alami.
Namun hati-hatilah memadukan warna. Jalan terbaik adalah pergunakan skema warna (Colour Scheme). Anda bisa padukan warna-warna yang senada,
atau jika Anda ingin menggunakan warna kontras, pilih warna kontras yang sesuai. Pemilihan ini dapat dilakukan dengan memperhatikan skema warna pada Color Wheel.
Anda bisa melihatnya pada toko-toko bangunan terdekat, konsultasikan dengan sales representatif di sana (Jangan ragu untuk bertanya). Dibeberapa lokasi swalayan bangunan, mereka sudah menempatkan komputer untuk mengolah cat-cat yang anda pilih. Dan hasilnya bisa Anda lihat sebelum anda membelinya.
Sebaiknya Anda menghadirkan maksimal 2 warna didalam satu ruangan. Dan Anda bisa gunakan gradasinya. Dipastikan kini ruangan Anda tidak lagi memusingkan kepala.