Rabu, 15 Februari 2012

Desain Rumah Tinggal Sekaligus Rumah Kost, Counter HP, Wartel Atau Warnet

Bagi anda atau siapapun juga yang memilki tanah/lahan atau kavling dikawasan perkotaan yang ramai biasanya cenderung untuk membangun rumah yang multifungsi. Rumah yang memiliki fungsi sebagai hunian dan tempat bekerja, menjalankan usaha dan mendapatkan income. Jika lokasi tanah atau kavling anda berada kawasan yang ramai penduduk, apalagi dekat dengan pusat perkantoran atau pusat pendidikan, menjalankan bisnis atau usaha dari rumah adalah keputusan yang tepat. Keberhasilan bisnis atau usaha anda diatas kertas bisa ditebak, mengingat pangsa pasarnya sudah ada dan sangat potensial.
Berbagai jenis usaha bisa dijalankan dari rumah, jika lokasi rumah anda sudah ramai dan dekat dengan pusat kegiatan. Beberapa diantaranya adalah: usaha fotocopy dan toko ATK (alat tulis kantor), rumah makan, warung atau toko kelontongan, toko handphone dan aksesorisnya, pulsa, warnet dan cyber café.
Pada artikel kali ini, kami mencoba menampilkan ilustrasi kebutuhan dari salah satu (mantan) client kami, dimana beliau akan menjalankan usaha atau bisnis dari rumah. Tidak tanggung-tanggung, usaha yang dijalankannya tidak hanya 1 jenis saja, melainkan ada 2 sampai dengan 3 jenis usaha sekaligus. Bisnis yang sudah pasti akan dijalankan adalah:
  • Counter HP dan pulsa
  • Jasa penyediaan kamar kost untuk karyawati atau mahasiswi
  • Warnet/Cyber café atau bila mungkin usaha warung atau toko kelontongan (dipertimbangkan kemudian, tugas kami hanya menyediakan ruangnya).
Gambar Tampak Depan Rumah dan Ruang Usaha (RUKO/RUKAN)
Gambar Tampak Samping Rumah dan Ruang Usaha (RUKO/RUKAN)
Lantai 1
Pada bagian depan, tepatnya disebelah kiri bangunan terdapat ruang berukuran 3,00 m x 4,00 m. Ruang ini kami rencanakan sebagai wartel/warnet atau cyber café. Tapi ruanagn ini sangat flexible dan cocok sekali jika pak Hidayat ingin mengubah fungsi dan pemanfaatannya menjadi warung atau toko kelontongan.
Masih dibagian depan rumah, tepat dibagian tengah dan berhadapan dengan teras depan kami sisakan space untuk taman mungil berukuran 2,00 m x 4,00 m. Area terbuka dirumah seperti taman memiliki banyak sekali manfaat, misalnya: untuk meresapkan air hujan kedalam tanah dan meningkatkan nilai estetika sebuah rumah.
Dibagian dalam rumah kami rencanakan sebuah kamar tidur utama untuk bapak Hidayat, dan sebuah kamar lagi untuk anak-anaknya. Denah atau layout rumah kami buat dalam 2 alternatif, dimana alternatif denah pertama terdapat 1 kamar berukuran 3,00 m x 4,50 m untuk bapak Hidayat, dan 1 buah kamar tidur berukuran 3,00 m x 3,00 m untuk kedua orang anaknya.
Sementara alternatif kedua terdapat 3 buah kamar tidur dilantai 1. Sebuah kamar berukuran 3,00 m x 3,00 m untuk bapak hidayat, kemudian disampingnya terdapat 2 buah kamar tidur berukuran 2,00 m x 3,00 m dan 2,50 m x 3,00 m masing-masing untuk anak-anak bapak Hidayat.
Sebuah ruangan dibagian tengah berukuran 3,00 m x 7,00 m dijadikan sebagai ruang tamu sekaligus ruang keluarga. Antara kedua ruang tersebut dibuat menyatu tanpa sekat dinding permanent. Jika dikemudian hari alasan privasi mengharuskan adanya pemisah diantara 2 ruang beda fungsi tersebut, maka sebaiknya digunakan partisi ringan dan tidak permanen.
Gambar Denah/Layout Lantai 1 dan lantai 2 (Alternatif I)
Dibagian kanan bangunan kami siapkan space berukuran 3,00 m x 6,00 m sebagai tempat untuk menjalankan usaha counter handphone (HP), aksesoris handphone, dan penjualan pulsa.
Dibelakang area counter HP terdapat ruangan berukuran 3,00 m x 3,50 m yang direncanakan sebagai ruang makan. Dibagian belakangnya adalah area servis dengan luas 1,65 m x 4,00 m.
Lantai 2
Pada lantai 2 ini seluruh kamarnya direncanakan untuk dijadikan sebagai kamar sewaan atau kamar kost yang akan ditawarkan pada karywati atau mahasiswi.
Terdapat 3 buah kamar tidur dilantai 2 ini, masing-masing ukuran kamar adalah: 3,45 m x 3,00 m yang terdapat dibagian kanan belakang, kemudian 3,00 m x 4,00 m dibagian kanan depan, dan dibagian kiri depan berukuran 3,00 m x 3,00 m.
Dibagian tengah terdapat ruang santai atau ruang duduk berukuran 3,00 m x 3,00 m yang dapat dimanfaatkan oleh penghuni kost sebagai tempat untuk menerima tamu atau kerabat yang sedang berkunjung. Ruangan ini juga berfungsi sebagai ruang tamu, sehingga tamu yang berkunjung tidak langsung masuk kedalam kamar.
Pada lantai 2 ini terdapat balkon yang berukuran 2,50 m x 10,00 m cukup besar dan lega jika ingin dijadikan tempat bersantai dan melakukan observasi atau kegiatan lainnya (misalnya: membaca, bermain, dsb).
Dibagian kiri belakang disediakan area yang cukup luas sebagai kamar mandi berukuran 1,50 m x 2,00 m, kemudian ada ruang cuci berukuran 1,50 m x 2,00 m dan ruang terbuka berukuran 2,85 x 4,00 m untuk menjemur pakaian.
Dibagian kanan belakang terdapat area seluas 1,85 m x 6,00 m dan kami rencanakan sebagai ruang setrika dan storage. Kami juga mengaplikasikan penggunaan glass block dibeberapa bagian dinding bangunan untuk menjamin intensitas cahaya matahari yang cukup didalam ruangan, serta penggunaan rooster sebagai ventilasi untuk menjamin sirkulasi udara yang lebih lancar.
Gambar Denah/Layout Lantai 1 dan lantai 2 (Alternatif II)
Demikianlah artikel tentang desain rumah sekaligus ruang usaha (Ruko/Rukan) berlantai 2. Pada desain kali ini rumah tinggal juga didesain untuk mengakomodasi beberapa jenis usaha yang umumnya dapat dijalankan dari rumah seperti: warung, counter handphone (HP), toko kelontongan, warnet, dan rumah kost-kostan. Jika secara kebetulan anda membutuhkan desain rumah yang juga dapat dimanfaatkan sebagai ruang usaha, anda pun dapat memanfaatkan desain rumah seperti yang saya tampilkan diatas.