Recent Posts

Senin, 11 April 2011

Mandi Sauna Jangan Lebih dari 20 Menit

img
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Mandi sauna memang bisa bikin orang rileks. Tapi sebaiknya mandi sauna jangan lebih dari 20 menit karena jika keringat terus menerus dikeluarkan bisa membuat dehidrasi, sesak napas, mual-mual, pusing, pingsan.

Sauna adalah kegiatan yang dilakukan di ruang tertutup dengan menggunakan pemanas hingga mencapai suhu lebih dari 70 derajat celsius. Pada kondisi ini suhu tubuh akan melonjak sampai sekitar 38-40 derajat celsius hanya dalam waktu beberapa menit saja.

Para ahli menyarankan agar mendapat hasil maksimal, mandi sauna sebaiknya tidak lebih dari 15-20 menit.

"Sauna yang ada mungkin aman bagi tubuh, tapi hanya sedikit bukti yang menunjukkan bahwa sauna bisa memberikan manfaat untuk kesehatan atau relaksasi," ujar Dr Harvey Simon dari Harvard Mens Health Watch, seperti dikutip dari Health.Harvard.edu, Senin (14/3/2011).

Dr Simon menuturkan saat melakukan sauna denyut nadi akan meningkat sebesar 30 persen atau lebih sehingga memungkinkan bagi jantung untuk bekerja dua kali lipat dalam memompa sejumlah darah setiap menitnya.

Sebagian besar aliran darah ekstra ini akan dialirkan ke kulit. Hal ini akan membuat aliran darah justru menjauhi organ-organ internal. Selain itu tekanan darah tidak dapat diprediksi, pada beberapa orang bisa meningkat tapi yang lainnya justru menurun.

Studi menunjukkan bahwa pasien jantung yang ingin melakukan sauna harus memeriksakan diri terlebih dahulu ke dokter sebelum melakukannya. Hal ini untuk menghindari risiko gangguan jantung yang lebih fatal.

"Pasien dengan tekanan darah kurang terkontrol, irama jantung yang abnormal, angina tidak stabil, gagal jantung atau pasien dengan penyakit jantung serta ibu hamil mungkin disarankan untuk tetap menjaga suhu tubuh atau menjauhi sauna," ujar Dr Simon.

Dr Simon menyarankan bagi orang sehat yang ingin melakukan sauna sebaiknya melakukan beberapa hal berikut sebagai tindakan pencegahan yaitu:

  1. Menghindari alkohol dan obat-obatan yang bisa mempengaruhi produksi keringat dan memicu overheating baik sebelum atau sesudah sauna.
  2. Sebaiknya tidak lebih dari 15-20 menit dalam melakukan sauna.
  3. Melakukan proses pendinginan secara perlahan-lahan setelah melakukan sauna.
  4. Mengonsumsi 2-4 gelas air dingin setelah melakukan sauna
  5. Jangan melakukan sauna ketika tubuh sedang sakit atau dalam kondisi tidak fit.
  6. Segera keluar dari ruang sauna jika merasa pusing atau tidak enak badan.