Minggu, 12 Februari 2012

Kembalikan Kilau dan Kesuburan Rambut




Bukti bahwa rambut indah tak hanya bisa dimiliki orang berusia 20-an.

 Foto: Stockxpert
Anggapan rambut kuat dan indah hanya dimiliki saat usia muda seringkali telah mendarah daging. Kondisi rambut yang kusam dan rontok bisa jadi diterima sebagai bagian dari nasib begitu usia menginjak dekade 30-an ke atas. Padahal tahukah, hal ini ternyata bisa dicegah.
Dalam perjalanan usia, ada beberapa hal yang memang berpengaruh pada kondisi rambut. Misalnya saja saat kita hamil. Lonjakan hormon membuat rambut yang rontok secara teratur, jadi tidak rontok. Barulah sekitar 7 bulan setelah melahirkan, kala hormon kembali normal, kita jadi kehilangan lebih banyak rambut. Selain itu, konsumsi pil kontrasepsi jenis tertentu juga bisa berpengaruh pada kondisi rambut. Demikian menurut The American Hair Loss Association.
Lantas, apa yang perlu dilakukan agar rambut tak menipis? Kucinya ternyata terletak pada ritual harian kita.
Pilih Sampo yang Tepat, Sesuai Jenis Rambut

“Hindari mencuci rambut setiap hari karena hal ini bisa membuat rambut dan kulit kepala menjadi kering,” kata Rodney Groves, penata rambut di New York. Keramaslah 2-3 kali seminggu.
“Selain itu, hindari menyisir rambut yang masih basah. Hal ini bisa membuat rambut jadi lebih mudah patah,” anjur Philip Kingsley, Ph.D., seorang ahli masalah rambut dan kulit kepala di London. Sementara itu, Eliut Rivera, pemilik Salon Eliut Rivera di New York City. menyarankan kita memilih sampo dan kondisioner yang mengandung silicon sehingga bisa melindungi kutikula rambut.
Gunakan Jemari Sewaktu Merapikan Rambut di Bawah Hair Dryer

Setelah rambut menjadi lebih mudah diatur, barulah kita bisa memakai sisir atau sikat rambut. Tutup ritual blow-dry dengan menyemprotkan air dingin, agar kutikula rambut bisa terlindungi dan rambut bisa berkilau indah.
Perhatikan Menu Makanan Harian

“Rambut kita tumbuh sekitar 1 cm setiap bulannya. Yang bisa membuat kondisinya selalu kuat adalah nutrisi yang cukup, yang bersumber pada apa yang kita makan,” begitu terang Dawn Jackson Blatner, RD, ahli nutrisi dari Chicago. “Jika kita menyantap makanan yang sehat, otomatis rambut juga akan selalu berada dalam kondisi yang sehat.”
Hindari Terlalu Sering Menyikat Rambut

Mitos menyikat rambut 100 kali sebelum tidur malah bisa membuat rambut kita mudah rusak dan kering, kata Robert Hallowell, penata rambut selebriti di South Pasadena, California.