Kamis, 09 Februari 2012

Anak Susah Makan? Mulailah dengan Makan yang Lembut

Problem para ibu saat memberi makan pada anak. Tidak sedikit anak yang tidak doyan makan. Akibatnya asupan gizinya pun berkurang. Bagaimana mengatasinya?
Yuk kita ikuti tips dari dr Amran Harun SpA, Spesialis Anak RS Graha Husada, Bandar Lampung menyarankan agar para ibu mengenalkan berbagai macam makanan pada anak dengan  latihan dan kesabaran ekstra.
Disarankan agar para ibu tidak bisa terburu-buru. Karena sifat anak biasanya hanya menyukai makanan tertentu saja. Karena itu, lebih baik memulainya dengan makanan yang lembut.
"Ibu bisa memulainya dengan makanan yang lembut dulu. Nasi yang dibuat bubur dengan campuran sayur-sayuran misalnya. Atau makanan dibentuk gambar-gambar lucu agar ia tertarik untuk menyantapnya," beber Amran.
Selain itu, suasana makan juga diperlukan. Sesekali bisa mengajak anak makan di taman bermain agar suasana hatinya jadi senang. Jangan hanya di rumah saja yang bisa membuat anak menjadi bosan.
Dan tak lupa saat memberi makan pada anak, harus dalam keadaan lapar. Sebab jika perutnya masih dalam kenyang pasti ia akan menolak. Jadi beri jarak untuk pemberian makannya.