Rabu, 17 April 2013

Tips Atasi Dinding Rumah “Retak Rambut”


“Retak rambut” itulah istilah yang biasa digunakan untuk dinding bangunan yang retak halus. Retak halus ini bisa jadi berbagai macam penyebabnya seperti pergerakan struktur, pemakaian material, gempa bumi, perubahan cuaca, perkaratan pada logam, atau konstruksi yang salah.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjITD1xOtnHLe9_dpYksjLURqoLh42pVv7E0RcZvFX829dtb5yDZIOP57o3_AoHJr5DfNF7p7Rfbkr4X92Y_7ib3ycfHA2Aql05EYDrCRx1ekuPi4AVz9WwEoi1_D7ioVVzvGObl_S7jeFY/s400/retak+rambut.jpg
Retak rambut memang terlihat sepele, tapi kalo tidak diatasi rumah juga jadi terlihat kurang bagus, Untuk mengatasi retak rambut pada dinding ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan.
- Siapkan beberapa peralatan, amplas, dempul tembok, dan cat yang warnanya sama dengan cat pada dinding yang mengalami retak-retak.
- Korek atau buat retak-retak halus tersebut lebih dalam namun jangan terlalu dalam. Lalu masukkan dempul untuk menambal retak. Selanjutnya haluskan dengan amplas.
- kemudian Bagian yang sudah didempul itu kemudian dicat kembali. Hasilnya, dinding yang mengalami retak akan kembali rapat dan tidak meninggalkan bekas.
Sebetulnya ada tips sederhana untuk mencegah, atau menghindari retak rambut pada dinding.
1. Sebelum pengecatan dilakukan (setelah tembok telah didihaluskan/diaci), siram tembok dengan air secara merata.
2. Tunggu beberapa menit sampai air benar-benar kering.
3. Setelah itu baru lakukan pengecatan.
Hal-hal tersebut penting dilakukan untuk menghindari cat terlalu cepat kering dan tidak merata yang menjadi sebab terjadinya retak rambut.
Semoga bermanfaat untuk Anda.