Minggu, 15 Januari 2012

Interior SPA BERKONSEP NATURAL

Relaksasi di spa untuk meraih kebugaran tubuh telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat masa kini. Beragam teknik terapi dan desain interior yang mendukung suasana di spa juga telah berkembang pesat. Salah satu spa terbaru di Jakarta adalah V2 Spa dengan luas 4000 m2 dan menempati satu lantai sebuah gedung komersial di Harmoni, Jakarta Pusat. Spa ini menyediakan fasilitas dan terapi yang lengkap mulai dari fitness, berendam, sauna, steam, pijat (massage), shiatsu serta bersantai sambil makan dan minum. Interior spa yang dirancang oleh konsultan Kirana Graha Mandiri dan pemilik spa ini berkonsep “back to nature” dengan tampilan modern sesuai dengan kebutuhan tamunya.

Ruang-ruang dikelompokkan berdasarkan karakter kegiatan. Misalnya area pintu masuk lobi ditempatkan berdekatan dengan area simpan / loker sehingga memudahkan tamu yang datang. Ruangan yang bersifat basah seperti area untuk berendam, sauna, uap (steam) dan berbilas (shower) ditempatkan pada satu zona. Ruangan untuk bersantai seperti area untuk refleksi, lounge dan bar untuk makan serta minum dan area tunggu untuk ahli terapi ditata menyatu. Sebuah lobi untuk registrasi terapi pijat (massage) dan shiatsu menandai deretan kamar untuk terapi.

Desainer mengolah tampilan interior agar berkesan seolah-olah berada di eksterior dengan cara mengekspresikan motif dan tekstur alami pada beberapa elemen ruang. Desainer dan pemilik spa sepakat untuk memakai warna-warna gelap seperti hitam, abu-abu dan cokelat tua untuk interior agar tercipta suasana yang teduh dan terhindar dari hiruk pikuk di luar spa. Suasana ini terwujud diantaranya dengan finishing dinding berupa laminat decosit, kaca warna hitam (black mirror) dan cat. Aspek tata pencahayaan (lighting) juga diatur agar tercipta suasana hati (mood) tamu yang nyaman diantaranya dengan memakai lampu tersembunyi (indirect lighting).

Ruangan untuk steam yang berlapis keramik dan bercahaya lampu warna biru letaknya bersebelahan dengan tempat sauna. Yang unik di area ini adalah pepohonan dan tanaman plastik yang ditata sedemikian rupa sehingga menegaskan suasana eksterior yang segar dan mudah dirawat. Deretan balai-balai dengan hiasan gorden juga “menghangatkan” suasana ruangan yang didominasi oleh warna hitam. Selanjutnya, deretan sofa berlapis kulit sintetik warna hitam mendominasi area lounge serta area tunggu untuk ahli terapi yang dikombinasikan dengan wallpaper dinding berwarna keemasan dan kain gorden warna merah marun sehingga tidak terasa “berat”.

Untuk kamar-kamar terapi pijat (massage) atau shiatsu, desainer tetap menerapkan warna hitam untuk finishing dinding, lantai dan plafon. Namun salah satu dinding dilapisi oleh wallpaper bermotif atraktif agar tidak membosankan. Area berbilas yang dindingnya dilapisi oleh keramik bertekstur mengkilap hanya disekat oleh pintu kaca geser sedangkan plafonnya dihias dengan lampu berkelip warna biru. Koridor penghubung kamar-kamar terapi juga diberi ornamen berupa deretan bilah kayu yang diberi finishing warna hitam agar tampil dinamis. Secara keseluruhan, desain interior spa ini berhasil mendukung suasana untuk relaksasi dan citra fasilitas spa berkelas sesuai dengan konsep yang diinginkan oleh pemilik spa.

Lokasi : V2 Spa di Harmoni, Jakarta Pusat

Interior : Tim Kirana Graha Mandiri